25 radar bogor

Mobil Wapres Isi Bensin Pakai Jerigen Saat Kunjungan ke Sukabumi, Ini Penjelasan Setwapres

EMERGENCY: foto tangkapan layar video mobil Indonesia 2 (RI-2) sedang diisi bahan bakarnya menggunakan jerigen. (Istimewa)
EMERGENCY: foto tangkapan layar video mobil Indonesia 2 (RI-2) sedang diisi bahan bakarnya menggunakan jerigen. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Jagat Maya dihebohkan dengan rekaman video mobil berplat Indonesia 2 diisi bahan bakar menggunakan jerigen. Pihak Sekretariat Istana Wakil Presiden (Setwapres) langsung memberikan penjelasan atas kejadian itu.

Dalam rilis resminya Sabtu (11/7) Kepala Setwapres Mohamad Oemar mengatakan rekaman peristiwa itu saat Wapres KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kota Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. “Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM, berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi,” katanya.

Pada kesempatan kunjungan itu, Ma’ruf Amin menggunakan mobil Toyota Alphard. Selain itu Oemar mengatakan pengisian BBM menggunakan jerigen dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar sesuai mobil VVIP.

Pengisian itu juga bukan dilakukan karena mobil sedan tersebut kehabisan bahan bakar. Oemar menjelaskan di dalam setiap rangkaian VVIP, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jerigen.

BBM cadangan ini dibawa oleh kendaraan teknisi. Ketika diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM sesuai spesifikasi mobil VVIP, maka bahan bakar cadangan itu sudah siap digunakan.

Ada beberapa titik yang dikunjungi Ma’ruf Amin di Kota Sukabumi saat itu. Diantaranya adalah SMAN 4 Kota Sukabumi. Di tempat ini Ma’ruf Amin memantau pelaksanaan new normal yang disiapkan menyambut tahun ajaran baru.

Kemudian Ma’ruf Amin mengunjungi Pesantren Assobariyyah. Di pesantren ini Ma’ruf Amin menyerahkan bantuan untuk penanganan Covid-19. Hilmi Setiawan.(wan/nar)