25 radar bogor

Muncul Bukti Virus Corona Menular Lewat Udara, Bisa Terbang Puluhan Meter

Ilustrasi

Misalnya saja di tempat yang ramai, tertutup serta ventilasinya buruk. Bukti-bukti yang lebih banyak perlu dikumpulkan lebih dulu dan ditelaah.

Jose Jimenez, ahli kimia dari University of Colorado yang ikut menandatangani surat terbuka untuk PBB menegaskan bahwa memang tidak mudah mengakui bahwa Covid-19 bisa menular lewat udara. Bisa-bisa yang ada malah para pekerja kesehatan menolak pergi ke rumah sakit.

Kemungkinan terburuk, orang akan langsung memburu masker N95 yang lebih mampu menyaring udara. Negara berkembang akan kelimpungan.

Selama ini pemerintah dari berbagai negara bergantung pada saran yang dikeluarkan WHO. Selama ini anjurannya masih memakai masker di luar ruangan, cuci tangan, dan jaga jarak.

Versi WHO selama ini, Covid-19 hanya menular lewat droplet yang dihasilkan saat orang bersin atau batuk. Ukurannya antara 5-10 mikrometer dan maksimal bisa disemburkan sampai 2 meter saja. Karena ukurannya besar, droplet semacam ini bisa dengan mudah jatuh ke lantai.

Nah virus dalam bentuk aerosol ini besarnya kurang dari 5 mikrometer. Biasanya dihasilkan saat seseorang bernafas, berbicara dan juga bernyanyi.