25 radar bogor

Ingin Jadi Kepala Sekolah, Guru Punya Jalur Sendiri

Ilustrasi Guru
Ilustrasi Guru

Karena itu, Kemendikbud akan mengidentifikasi dan merekrut para guru penggerak yang diyakini ada di setiap sekolah untuk bisa mengikuti pelatihan pengembangan potensi kepemimpinan dan mentorship. ”Guru penggerak bukan hanya yang jago mengajar. Tapi juga punya kemauan untuk memimpin, berinovasi, dan melakukan perubahan,” ungkapnya.

Menurut dia, tanpa adanya kepemimpinan yang baik di tiap-tiap unit pendidikan, perubahan akan sulit terjadi. Karena itu, peran guru penggerak sangat penting untuk menghadirkan pembelajaran yang berkualitas di sekolah.

Kepala sekolah tidak hanya berkutat dengan administrasi atau pelaporan keuangan. ”Tapi, fokus pada kualitas pembelajaran,” papar mantan bos Gojek tersebut.

Mereka, kata Nadiem, dapat mendorong tumbuh kembang murid secara holistik dan menjadi pelajar Pancasila. Yakni, pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, yang kreatif dengan kemampuan adaptif pada perubahan dan selalu berinovasi, bisa gotong royong, berkebinekaan global, memiliki kemampuan bernalar kritis, dan mandiri. ”Karena capaian Merdeka Belajar adalah profil pelajar Pancasila ini,” jelasnya.

Pada tahap awal, Nadiem menargetkan, terdapat setidaknya 2.800 calon guru penggerak. Jumlahnya ditargetkan meningkat hingga 405.000 guru penggerak pada 2024. ”Kami akan buka kesempatan sebesar-besarnya untuk guru-guru terbaik, baik PNS maupun honorer, untuk bisa meng-apply,” tuturnya.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril menambahkan, pelatihannya nanti berfokus pada pembelajaran yang relevan dan kontekstual sehingga memberikan dampak dan bukti. Sebab, menurut pendekatan andragogi, pembelajaran orang dewasa harus lebih fokus pada on the job learning.