25 radar bogor

Kemendikbud Luncurkan Program Guru Penggerak, Berikut Tahapannya

Ilustrasi: 20 guru yang mengajar di garis depan daerah terpencil tidak mendapat tunjangan selama dua tahun. (Darmono/Radar Malang/Jawa Pos Group)
Ilustrasi.(Darmono/Radar Malang/Jawa Pos Group)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Merdeka Belajar Episode 5: Guru Penggerak. Di mana hal ini bertujuan untuk mendorong perubahan dan memajukan tenaga didik di Indonesia.

“Guru Penggerak sebagai pendorong transformasi pendidikan Indonesia, diharapkan dapat mendukung tumbuh kembang murid secara holistik sehingga menjadi Pelajar Pancasila, menjadi pelatih atau mentor bagi guru lainnya untuk pembelajaran yang berpusat pada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan,” tutur Mendikbud Nadiem Makarim dalam webinar, Jumat (3/7).

Adapun, program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi (ilmu pengajaran) serta berpusat pada murid dan pengembangan holistik, pelatihan yang menekankan pada kepemimpinan instruksional melalui on-the-job coaching, pendekatan formatif dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif dengan pendekatan sekolah menyeluruh.