25 radar bogor

Kawasan Industri Batang Siap Tampung Perusahaan dari Tiongkok

ILUSTRASI Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri saat meninjau Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah. (dok. PTPP)
ILUSTRASI Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri saat meninjau Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah. (dok. PTPP)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah tengah merancang sejumlah terobosan untuk Kawasan Industri Batang (KIB), Jawa Tengah.

Diharapkan, terobosan yang ditawarkan membuat Indonesia bisa bersaing dengan negara tetangga seperti Vietnam. Erick menyebut, nantinya, lahan industri di Batang tak akan dikenakan biaya alias gratis.

Erick berharap perusahaan-perusahaan yang hengkang dari Tiongkok mau masuk ke Batang. “Lahan di Batang nantinya free, kita akan ada yang namanya surcharge aja,” ujarnya dalam acara webinar, Kamis (2/7) malam.

Selain itu, Erick juga mengungkapkan, nantinya di kawasan industri tersebut akan dibentuk klaster-klaster. Investasi dengan teknologi tinggi akan dapat kompensasi lebih besar.

“Jadi, investasi teknologi tinggi itu akan dapat kompensasi yang lebih besar daripada mohon maaf misalnya industri sepatu,” ucapnya.

Erick berharap, perusahaan-perusahaan asal Jepang, Korea, bahkan Amerika Serikat yang cabut dari Tiongkok mau relokasi ke Batang. Sehingga lapangan pekerjaan pun terbuka lebar. “Ini bagus sekali buat kita. kenapa ? Ini bagian pembukaan lapangan kerja yang kita harus kita dilakukan,” tuturnya.(JPC)