25 radar bogor

Mendikbud Bakal Permanenkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim.
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan, bahwa akan ada perubahan struktural terkait sistem pendidikan di Indonesia. Di mana pascapandemi nanti, para peserta didik mayoritas akan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Sistem pendidikan kita pembelajaran jarak jauh. Ini akan menjadi permanen. Bukan pembelajaran jarak jauh pure saja, tapi hybrid model, adaptasi teknologi itu pasti tidak akan kembali lagi (karena sudah terbiasa),” jelas dia di Gedung DPR, Kamis (2/7).

Kata dia, untuk mendorong semua itu, kondisi seperti ini merupakan kesempatan untuk melakukan berbagai macam efisiensi dan teknologi dengan software serta aplikasi. Sebab, jika tidak dilakukan, Indonesia akan tertinggal, karena saat ini merupakan era disrupsi yang serba menggunakan teknologi.

Nantinya, para guru dan kepala sekolah pun akan diberikan kesempatan untuk melakukan berbagai macam sistem pembelajaran hybrid model, baik itu melalui daring atau luring kepada para siswa.

Melihat kondisi sekarang ini, semua pihak terkait terlihat masih kesulitan beradaptasi dalam teknologi, namun meskipun begitu, para guru hingga orang tua tidak berinisiatif dalam beradaptasi dengan teknologi. Dia pun meminta semua pihak yang terlibat untuk bisa memanfaatkan kesempatan beradaptasi di tengah pandemi ini.

“Itu potensinya (belajar PJJ) sangat besar. Jadi ini merupakan sebuah tantangan dan kedepan akan menjadi suatu kesempatan untuk kita,” terang dia. (*/jpc)