25 radar bogor

Ditemukan Jenglot, Terduga Pelaku Pembakar Mobil Via Vallen Tetangganya Sendiri

Kondisi mobil mewah Via Vallen yang terbakar Selasa (30/6/2020) dini hari.
Kondisi mobil mewah Via Vallen yang terbakar Selasa (30/6/2020) dini hari.

JAKARTA–RADAR BOGOR, Aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur menyampaikan bahwa pelaku pembakar mobil milik Via Vallen yang terparkir di gang sebelah rumahnya di kawasan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, diduga tetangganya sendiri.

Berdasar laporan yang diterima Polda Jatim, Polresta Sidoarjo telah menangkap pelaku berinisial P dan sekarang sedang dalam pemeriksaan intensif.

”Tersangka ini dikenali orang-orang di lingkungan masyarakat setempat. Sekarang kami dalami karena memang diduga tetangganya,” ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim seperti dilansir dari Antara di Surabaya pada Selasa (30/6).

Fakta lain yang diterima Polda Jatim, kata dia, yakni bahwa pelaku diduga merupakan fans berat penyanyi dangdut bernama asli Maulidia Oktavia tersebut. ”Masih kami dalami, nanti motif apakah bagian dari fans atau yang lain kami lakukan penyidikan, termasuk tes psikolog untuk mengetahui semuanya,” ucap Trunoyudo Wisnu Andiko.

Polda Jatim membantu penanganan kasus terbakarnya mobil Via Valen melalui bidang Lab Forensik yang telah memeriksa alat-alat bukti di tempat kejadian perkara (TKP). Pihaknya juga segera memanggil penyanyi dangdut Via Vallen untuk diperiksa serta dimintai keterangan sebagai saksi korban terkait mobil Alphard miliknya yang terbakar.

”Untuk saksi korban tentunya akan kami lakukan pemeriksaan, mengingat Via Vallen adalah korban dan ada saksi, semua akan kami ambil keterangan. Dalam hal ini kami akan memanggil saksi korban,” kata Trunoyudo Wisnu Andiko.

Sebelumnya, Polresta Sidoarjo mengamankan seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pembakar mobil jenis Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji mengatakan, berdasar laporan dari polsek yang menangani kasus tersebut, pihaknya telah mengamankan satu orang yang diduga sebagai pelaku pembakaran. ”Sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran,” ujar Sumardji.

Dia mengungkapkan, dari tangan terduga pelaku polisi menyita beberapa barang bukti yang diduga digunakan untuk membakar mobil milik Via Vallen. ”Ada botol air mineral yang masih tercium bau bensin,” ucap Sumardji.

Selain itu, petugas juga menyita barang bukti tas yang dipakai terduga pelaku. Di dalam tas itu ditemukan jenglot (benda mirip boneka yang dipercaya memiliki kekuatan mistis), bambu kuning yang dipercaya bertuah, dan alat perdukunan lainnya. ”Intinya kayak perdukunan gitulah. Selain itu, kami juga mengamankan buku tabungan BCA,” ujar Sumardji.

Disinggung soal motif terduga pelaku melakukan pembakaran, Sumardji mengaku, masih belum mengetahuinya karena hingga kini pihaknya masih belum dapat berkomunikasi dengan terduga pelaku.

”Belum (berkomunikasi). Orangnya ini seperti pura-pura bego atau gila, ngomongnya ngelantur. Sementara kami diamkan dulu, lihat perkembangan. Setelah dia tenang akan diperiksa,” tutur Sumardji.(jpc)