25 radar bogor

Aksi Nakal Agen Bansos di Bogor Terbongkar, Lihat Videonya

Kadinsos Kabupaten Bogor Rustandi saat memonitoring oknum agen BNPT nakal.
Kadinsos Kabupaten Bogor Rustandi saat memberikan klarifikasi soal bansos yang tak layak yang dilakukan oleh oknum agen nakal.

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Aksi nakal agen penyalur bantuan sosial (Bansos) di Kabupaten Bogor terbongkar. Tak sedikit dari agen tersebut yang menyalurkan bantuan kurang layak.

Hal itu terbongkar dari video monev (Monitoring dan evaluasi) salah satu agen bansos yang ada di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor oleh Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Bogor Rustandi.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, nampak Kadinsos Rustandi menegur agen yang memberikan paket bansos tak layak yaitu berupa tempe busuk beberapa waktu lalu.

Dalam sebuah video tersebut, Rustandi bersama salah satu agen penyalur tempe di Cibungbulang menjelaskan perihal buruknya produk yang disalurkan pada warga.

Hal itu lantaran tempe bansos memang dalam kondisi buruk dan tidak langsung disalurkan pada penerima.

“Jadi tempenya didiamkan semalam oleh agen, jadinya busuk. Tapi, kalau kualitas tempenya baik, seharusnya sehari dua hari masih bagus,” katanya.

Rustandi mengimbau para agen untuk pintar memilih penyalur bahan baku yang berkualitas bagus. Sehingga hal itu tidak merugikan warga juga pemerintah.

“Pilihlah penyalur yang memiliki kualitas, tepat butuh dan tepat jumlah harus diperhatikan,” tegasnya.

Rustandi juga mengatakan, agen tersebut sudah berjanji untuk tidak mengulang kesalahan memilih penyalur yang tidak bagus.

“Pihak agen sudah berjanji untuk kedepannya tidak akan terjadi lagi tempe busuk, mereka akan pilih barang (tempe, red) yang lebih bagus lagi buat warga,” katanya.

Ia pun berharap hal serupa tidak terulang dan terjadi di agen lainnya.

“Itu bentuk monev agar semua pihak melaksanakan pedoman uymum pengadaan dan penyaluran bantuan sembako pangan,” ujar Rustand. (all/ran)

https://youtu.be/BpWF7hkDEpU