25 radar bogor

Ternyata Lorenzo Masih….

Jorge Lorenzo. (Crush)
Jorge Lorenzo. (Crush)

CATALUNYA—RADAR BOGOR, Larangan wild-card musim ini membuat pensiunan juara MotoGP, Jorge Lorenzo tidak akan dapat membuat balapan untuk Yamaha di Catalunya dan kemudian kemungkinan Misano dan Motegi.

Menurut direktur pelaksana Yamaha Racing, Lin Jarvis, itu mencegah Lorenzo mendapatkan jawaban yang jelas tentang apakah ia memiliki keinginan dan masih punya kecepatan untuk membuat comeback penuh waktu di MotoGP.

“Jorge ingin melakukan tes dan balapan tahun ini. Tetapi saya pikir dia memiliki motif tersembunyi. Dia juga ingin mengetahui apakah dia masih cukup tertarik untuk kembali ke balapan,” kata Jarvis kepada Speedweek.com.

“Saya pikir dia memiliki minat yang sangat kuat untuk mencari tahu apakah dia masih akan cukup cepat, nyaman dan kompetitif dan jika dia bisa mendapatkan kembali kepercayaan lamanya dengan Yamaha,” lanjut Jarvis dikutip dari Crash.

Jika Lorenzo benar-benar mempertimbangkan kembali ke MotoGP untuk 2021-2022, ia saat ini memiliki sedikit informasi untuk mencapai kesimpulan. Pasalnya,ia hanya terlibat beberapa hari pada tes Yamaha di Sepang pada bulan Januari.

Jarvis mengatakan masih belum jelas kapan Lorenzo melakukan uji motor Yamaha berikutnya. Atau, apakah perjanjian pengujian mereka akan berlanjut pada 2021. Namun, ia menegaskan tidak akan ada ruang sebagai pembalap di Yamaha bagi Lorenzo musim depan.

Tim pabrikan Yamaha telah mengontrak Fabio Quartararo bersama Maverick Vinales, sementara Valentino Rossi akan bergabung dengan Franco Morbidelli di Petronas. Saat ini, hanya kursi Ducati yang lowong. “Yamaha mungkin tidak akan memiliki tempat untuk Jorge,” kata Jarvis .

“Jorge harus berbicara dengan pesaing jika dia ingin balapan satu musim penuh lagi. Ada pabrikan seperti Ducati yang belum menyelesaikan line-up pebalap mereka. Sejauh ini mereka hanya menandatangani satu pebalap,” jelasnya.

Jack Miller adalah satu-satunya pebalap tim pabrikan Ducati yang dikonfirmasikan untuk tahun 2021. Dari susunan tim saat ini, Danilo Petrucci sekarang tampaknya akan bergabung dengan KTM, sementara negosiasi dengan runner-up MotoGP tahun lalu, Andrea Dovizioso sedang berlangsung.

Manajer Dovizioso mengharapkan keputusan sebelum pembukaan musim MotoGP baru pada pertengahan Juli. Namun, ada spekulasi yang terus-menerus bahwa jika pembicaraan gagal, Ducati mungkin beralih ke Lorenzo.

Selain Ducati, juga ada satu kursi kosong di tim Pramac untuk musim depan. Bintang Moto2 Jorge Martin telah menyetujui kesepakatan yang akan diumumkan untuk tahun 2021, tetapi rekan setimnya belum memutuskan. (fajar/rur)