25 radar bogor

Sekeluarga Positif Covid-19, Warga Satu Desa Ini Bakal Diisolasi

ilustrasi
ilustrasi

GARUT-RADAR BOGOR, Pasien positif Covid-19 di Garut kembali bertambah. Terbaru, tiga orang yang merupakan satu keluarga di Kecamatan Selaawi terkonfirmasi terpapar virus asal Wuhan itu.

Tiga pasien baru yang dikonfirmasi posifit corona tersebut adalah KC-14 yang merupakan seorang ibu berusia 41 tahun serta KC-15 dan KC-16 yang merupakan anak laki-laki masing-masing berusia 15 dan 8 tahun. Akibat ada yang terpapar Covid-19, warga satu desa di Selaawi pun akan diisolasi.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, terkait hal tersebut, Pemda Garut berencana akan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kecamatan Selaawi dan isolasi warga se-desa di kawasan domisili pasien.

“Tadi kami sudah lakukan pembahasan, sesuai instruksi dari pusat dan juga dari provinsi, maka kita putuskan besok untuk melaksanakan PSBB di Kecamatan Selaawi dan juga karantina di Desa Samida,” kata Helmi seperti dilansir detik.com.

Helmi menjelaskan, upaya tersebut sebagai bentuk pencegahan yang dilakukan Pemda Garut agar wabah Corona tak menyebar luas lagi. Pasalnya, ketiga pasien baru tertular melalui penularan transmisi lokal.

Namun terkait wilayah yang akan dikarantina, sambung Helmi, pihaknya belum bisa menentukan. Jumat (29/5/2020) pagi ini, tim akan melakukan pemetaan di Kecamatan Selaawi untuk menentukan daerah mana saja yang akan diisolasi.

“Rencananya satu desa itu. Tapi, nanti kita mitigasi dulu di lapangan ya, bagaimana letak dari kampung itu dan desa itu. Barangkali mungkin nanti bisa (karantina) di beberapa kampung atau beberapa desa,” katanya. (dtk/ysp)