25 radar bogor

BST Tahap Dua di Kota Bogor Cair Awal Juni 2020

ilustrasi uang
Ilustrasi foto warga yang menolak uang ganti rugi.
ilustrasi uang
ilustrasi Bansos

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Sosial (Kemensos) memastikan bantuan sosial tunai (BST) tahap kedua bagi warga terdampak Covid-19 cair awal bulan Juni.

Mensos Juliari P Batubara menjelaskan, rencana awal Juni 2020 gelombang kedua sudah bisa dicairkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Saat ini dana BST tahap dua sudah berada di kantor PT Pos Indonesia (Persero). Mereka tinggal tunggu perintah pencairan dari pemerintah. Sedangkan untuk gelombang ketiga kan kalau sesuai jadwal itu minggu ketiga bulan Juni,” kata mensos saat melakukan kunjunganya di Kota Bogor.

Kemensos sendiri mengunjungi dua titik SDN Cilendek Timur 1, Bogor Barat dan Kantor Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (28/5/2020). Berdasarkan data KPM penerima BST di Provinsi Jawa Barat sebanyak 1.070.758 keluarga.

Dalam penyaluran BST, selain menggandeng PT Pos Indonesia, Kemensos juga menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Kemensos menargetkan jumlah penerima BST seluruh Indonesia mencapai 9 juta KPM.

Perlu diketahui, dari data tersebut PT Pos Indonesia mengcover sekitar 8,3 juta keluarga KPM dan sisanya adalah disalurkan oleh Himbara.

Turut mendampingi Menteri Juliari dalam kunjungan ini adalah Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim, Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Anggraeny Iswara, Kasubdit. Pendampingan dan Pemberdayaan Buyung Rachim Mosad, serta perwakilan PT Pos Indonesia Hendry Rumahorbo.(ded)