25 radar bogor

Mantan Pembalap F1 Sarankan Vettel Kemudikan Aston Martin

Sebastian Vettel
Sebastian Vettel

LONDON-RADAR BOGOR, Mantan pembalap F1 David Coulthard memiliki saran untuk Sebastian Vettel jika ingin tetap membalap tahun depan di Formula 1. Yakni Vettel bisa bergabung dengan tim Aston Martin yang akan berada di grid pada 2021.

 

Vettel, juara dunia empat kali asal Jerman itu akan meninggalkan Ferrari akhir tahun ini dan digantikan oleh Carlos Sainz Jr. Itu membuat masa depan Vettel di ajang F1 dihinggapi tanda tanya. Sebab, dia belum punya kontrak membalap musim depan.

 

Kendati pintu Renault dan Mercedes masih terbuka, Coulthard menyodorkan Racing Point, yang akan berganti nama menjadi Aston Martin tahun depan sebagai pilihan ketiga bagi Vettel.

 

“Ada banyak hal menarik yang bisa terjadi, dan salah satunya bisa saja Lawrence Stroll punya desain besar untuk kesuksesan Aston Martin dan pada tahap karirnya (Vettel) bisa menjadi aset yang brilian bagi tim seperti itu. Terutama dalam hal pengetahuan dan pengalaman dari Red Bull serta dari Ferrari,” kata Coulthard seperti dilansir laman resmi F1.

 

Coulthard mengacu pada pengalamannya sendiri. Yakni ketika dia memperkuat Red Bull selama empat musim pada tahun-tahun terakhirnya membalap di F1 sebelum menjadi pandit.

 

Coulthard mengatakan jika Vettel ke Aston Martin maka kemungkinan dia akan menggantikan Sergio Perez. Sebab, Lance Stroll sepertinya masih dipertahankan sang ayah sebagai pemilik tim.

 

Perez masih memiliki kontrak dengan Racing Point hingga 2022 namun Aston Martin belum resmi mengumumkan jajaran pembalapnya untuk musim depan.

 

“Tak peduli apa yang telah kalian raih di masa lalu, Sebastian patut dihormati, dia telah menjadi aset luar biasa untuk F1. Dengan kecepatan yang luar biasa dan masih menjadi seseorang yang bisa memenangi balapan dan kejuaraan,” ucap runner-up F1 musim 2001 itu.

 

Sebelum mempertimbangkan kursi di Renault atau Aston Martin, Mercedes kini menjadi satu-satunya tim yang masuk akal bagi Vettel. Ini jika Lewis Hamilton meminta gaji terlalu tinggi yang tak bisa dipenuhi tim asal Jerman itu.

 

“Secinta-cintanya mereka terhadap Lewis, Mercedes dan Toto (Wolff) adalah pebisnis, mereka bukan untuk amal,” kata Coulthard.

 

“Mereka akan membayarnya (Hamilton) seminimum mungkin agar uang yang lain bisa diinvestasikan ke bisnis, dan Hamilton tentunya ingin yang maksimal. Dan saat ini Vettel berada di situasi ketika dia harus meninjau ulang permintaan negosiasinya,” tambah pria asal Inggris itu. (jpc)