Beranda Bogor Raya Barat Utara Dapur Vinus Terus Bantu Terdampak Covid-19

Dapur Vinus Terus Bantu Terdampak Covid-19

Yusfitriadi (kiri) saat menyerahkan bantuan.

BOGOR – RADAR BOGOR, Memasuki bulan kedua merasakan dan melawan pandemi Covid-19, banyak hal yang sudah dirasakan. Tak hanya merenggut korban jiwa, namun berdampak di sekor ekonomi masyarakat.

Membantu meringankan beban sesama, Yayasan Visi Nusantara Maju bersama MAN (Maju Anak Nusantara), ALINEA (Aliansi Perempuan Peduli Indonesia), Koperasi Galang Visi Nusantara (GVN) dan Pusat Kajian Gender dan Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PKG-P3A) di bawah pimpinan Yusfitriadi melalui gerakan “DAPUR VINUS” Kembali melakukan aksi kemanusiaan.

Gerakan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Lawan Covid-19 dengan 2000 Rupiah.  Sejak Senin (18/5) hingga Jum’at (22/5), Dapur Vinus telah dilaksanakan diberbagai titik lokasi di antaranya Desa Leuwisadeng Kecamatan Leuwisadeng, Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang, Desa Leuweungkolot Kecamatan Cibungbulang, Desa Barengkok Kecamatan Leuwiliang, Desa Cibeber 1 Kecamatan Leuwiliang, Desa Cibeber 2 Kecamatan Leuwiliang, Desa Cibitung Wetan Kecamatan Pamijahan, Desa Gunung Bunder Kecamatan Pamijahan, dan dan Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan.

Ketua Yayasan Visi Nusantara Maju, Yusfitriadi menuturkan, dapur vinus sebuah gagasan untuk melahirnya tradisi dan budaya solidaritas soaial dan kemanusiaan yang saat ini sudah mulai bergeser dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena konsep dapur vinus menggunakan, beberapa keluarga yang membuat masakan lebih untuk tetangganya atau masyarakat lainnya.

“Dapur vinus hanya membuat gerakan stimulan saja, selanjutnya sangat berharap bisa muncul gerakan solidaritas yang digerakan oleh masyarakat itu sendiri. Karena kita paham betul, dalam kondisi yang sangat susah ini, hanya kepemimpinan yang bisa membagun tradisi solifaritas yang mampu meminimalisir kesulitan masyarakat,” kata Yusfitriadi, Jum’at (22/5).

Yusfitriadi menyampaikan, Visi Nusantara tidak hanya membantu pada saat kali ini. Tapi, berbagai bantuan untuk bencana juga dilakukan seperti membantu korban bencana longsor di Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng.

“Beberapa waktu yang lalu kami juga telah menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak Longsor di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Hari ini, kita lakukan aksi pembentukan Dapur Vinus untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengahn kondisi pandemic Covid-19,” tuturnya

Gerakan tersebut, kata dia, kecil ketika dilakukan sendiri namun akan terasa besar manfaatnya ketika dilakukan secara kolegtif dan berkesinambungan. Dapur Vinus juga bekerja sama dengan berbagai gerakan yang ada di titik-titik lokasi, seperti dengan Ikatan Remaja Masjid, Pemuda Kampung, dan komunitas yang berbasis masyarakat inti lainnya.

Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ciasihan, Jaris Sunardi mengungkapkan, kegiatan ini sangat bagus untuk dilakukan karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Hal ini senada diungkapkan Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ciasmara, Ujang Kosasih saat pelaksanaan Dapur Vinus di Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan pada hari Jum’at, 22 Mei 2020.

Salah satu coordinator pelaksana Dapur Vinus di Desa Ciasihan, Asep Saepudin mengatakan, Dapur Vinus melibatkan para Ibu Kader Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiah Ciasihan dan Ciasmara untuk memasak dan menyiapkan makanannya. Hal ini, bertujuan agar meningkatkan ketrlibatan masyarakat dalam gerakan-gerakan sosial.

Ketua Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiah Ciasihan, Ade mengungkapkan terima kasih banyak kepada Visi Nusantara Maju yang telah mengadakan Dapur Vinus. “Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga sependapat dengan Yanti yang merupakan Ketua Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiah Ciasmara.

“Semoga ke depannya, Visi Nusantara Maju bisa terus membantu masyarakat dengan jumlah yang lebih besar,” pungkas Ade saat ditemui pada pelaksanaan Dapur Vinus di Desa Ciasihan.

Sementara itu, pelaksanaan Dapur Vinus di Desa Karacak Leuwliang tepatnya di Kampung Cengal dan Kampung Ciputih pada Kamis (21/5), Melly Ketua RT setempat mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Visi Nusantara berupa makanan siap saji untuk warga yang membutuhkan.

Hal ini sependapat, Ketua RW setempat Mahmudin. Ia berharap, semoga ke depannya, Visi Nusantara Maju semakin eksis dan sukses, juga semakin banyak orang yang sadar akan kepedulian terhadap sesama. (*/nal)