25 radar bogor

Warga Bandung Geger Dengar Dentuman dari Langit, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi dentuman
Ilustrasi dentuman
Ilustrasi dentuman
Ilustrasi dentuman

BANDUNG-RADAR BOGOR, Suara dentuman terdengar di atas langit Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (21/5/2020). Suara dentuman di atas langit itu terdengar sekitar pukul 08.00 WIB.

Geger, Ada Suara Dentuman Misterius dari Atas Langit di Bandung

”Awalnya teman saya nge-WA jam delapanan pagi. Dia ngasih tahu ada suara dentuman. Eh pas ke sini-sini saya dengar sendiri suaranya,” kata Nuruliah, salah seorang warga Kabupaten Bandung seperti dilansir dari Antara.

Hidayat, warga lainnya menuturkan, suara dentuman terdengar beberapa kali olehnya sekitar pukul 08.00.

”Jam 8 tadi masih tiduran terus tiba-tiba seperti ada suara mendentum gitu. Saya pastiin apa dan pas keluar luar rumah, itu suara dentumam dari langit,” kata Hidayat warga Desa Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung.

Hidayat mengatakan, mendengar suara dentumam dari lagi hingga enam kali. ”Saya saya dengar sih ada mungkin lima hingga enam kali,” kata dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan suara dentuman yang dilaporkan terdengar beberapa warga di Bandung dan sekitarnya pada Kamis (21/5) pagi, bukan karena gempa bumi maupun petir.

”Hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Begitu pula dengan hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 sampai dengan 10.00 WIB.

Cuaca di Bandung dan sekitarnya sejak Kamis (21/5/2020) pagi hingga pukul 10.00 WIB dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan.

”Sehingga berdasar data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya,” terang Daryono. (jpg)