25 radar bogor

Jadi Teroris karena Jomblo

TORONTO – RADAR BOGOR, Jomblo terlalu lama bisa berpengaruh pada kesehatan jiwa. Remaja 17 tahun asal Toronto, Kanada, ini contohnya. Dia melakukan pembunuhan 24 Februari lalu karena terlalu lama sendiri.

Saat itu dia memasuki tempat pijat erotis dengan membawa pisau dan menusuk Noelle Arzaga. Perempuan 24 tahun tersebut tewas dan 2 orang lainnya luka-luka.

Polisi sudah menjeratnya dengan dakwaan percobaan pembunuhan dan pembunuhan terencana. Namun, Selasa (19/5) dakwaannya naik menjadi terorisme incel.

Dia menjadi orang pertama di Kanada yang dijerat dengan dakwaan tersebut. Sejatinya, pada 2018 juga ada kejadian dengan latar ideologi incel yang menewaskan sepuluh orang. Tapi, saat itu pelaku tidak dijerat dengan dakwaan terorisme.

Incel adalah kependekan dari involuntarily celibate alias jomblo karena terpaksa. Penganut paham itu memiliki ideologi bahwa dunia tidak adil pada pria heteroseksual yang tidak menarik.

’’Terorisme memiliki banyak wujud dan penting untuk dicatat bahwa ia tidak terbatas pada kelompok, agama, atau ideologi tertentu.’’ Demikian bunyi pernyataan gabungan Kepolisian Toronto dan Royal Canadian Mounted Police (RCMP) seperti dikutip The Guardian. (sha/c10/dos)