25 radar bogor

Resmi Dilantik Jokowi, Ini KSAL dan KSAU yang Baru

Presiden Jokowi lantik KSAL dan KSAU di Istana Negara, Rabu (20/5/2020). Foto: Biro Setpres.
Presiden Jokowi lantik KSAL dan KSAU di Istana Negara, Rabu (20/5/2020). Foto: Biro Setpres.

JAKARTA–RADAR BOGOR, Presiden Jokowi resmi melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Jabatan KSAL kini diamanatkan kepada Laksamana Madya TNI Yudo Margono, sedangkan KSAU diamantkan kepada Marsekal Madya Fajar Prasetyo. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL serta KSAU.

Proses pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah jabatan dari kedua orang yang dilantik. Kegiatan ini digelar sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh hadirin trrlihat menggunakan masker.

Jarak antar hadirin pun cukup renggang guna menjaga physical distancing. Usai pembacaan sumpah jabatan, Yudo dan Fajar langsung mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Keduanya secara resmi menyandang bintang 4 dipundak alias Laksamana untuk KSAL dan Marsekal (KSAU). Kenaikan pangkat ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34 dan 35 Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira TNI.

Sejak hari ini, Yudo resmi menanggalkan jabatan lamanya sebagai Panglima Komanda Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, sedangkan Fajar meninggalkan jabatannya sebagai Pangkogabwilhan II.

Diketahui, Laksamanan TNI Siwi Sukma Adji yang sebelumnya menjabat KSAL akan memasuki masa pensiun pada Juni 2020. Sedangkan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang menjabat KSAU sebelumnya akan memasuki masa pensiun pada bulan ini.(jpc/ruh/pojoksatu)