25 radar bogor

Lewat Telemedicine, Pasien Kronis Bisa Berobat dari Rumah

layanan rawat jalan telemedicine RS. Eka Hospital Cibubur.
Layanan rawat jalan telemedicine RS. Eka Hospital Cibubur.

CIBUBUR-RADAR BOGOR, Untuk tetap berada di rumah saja sepertinya masyarakat pun perlu memperhatikan kondisi kesehatan diri. Untuk itu berbagai layanan kesehatan di sejumlah wilayah memberikan berbagai layanan khusus dalam menyikapi masa pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan RS. Eka Hospital Cibubur baru-baru ini. Mengingat banyaknya masyarakat yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, dan lainnya yang perlu melakukan kontrol secara rutin.

Chief Operating Officer RS Eka Hospital, drg. Rina Setiawati menjelaskan, mengingat adanya penerapan sistem pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah membuat masyarakat berpikir dua kali untuk berkunjung ke rumah sakit.

Belum lagi, kata dia, adanya kekhawatiran di masa pandemi Covid-19 saat ini ketika berkunjung ke rumah sakit. “Kebutuhan masyarakat tetap dapat dilakukan dengan konsultasi ke dokter dari rumah masing-masing layanan rawat jalan telemedicine,” kata dia kepada Radar Bogor, Rabu (13/5).

Dia menguraikan, telemedicine ini dapat diakses secara online oleh pasien. Dengan begitu, lanjut dia, pasien dapat tetap berobat tanpa harus datang ke rumah sakit. “Jadi jangan sampai pengobatan pasien yang memiliki riwayat penyakit kronis di masa pandemi covid – 19 ini terhenti,” tukas dia.(reg)