25 radar bogor

Manfaatkan Online Shop, Cara Mencegah Penyebaran Covid-19

Pemilik Toko Mainan Fitri, Bayu Indra Wirana.
Pemilik Toko Mainan Fitri, Bayu Indra Wirana.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Di tengah masa pandemi Covid-19 ini perekonomian masyarakat ikut terdampak. Perlahan kebutuhan sehari-hari mulai sulit terpenuhi lantaran sebagian masyarakat ikut berupaya menghentikan penyebaran virus tersebut dengan tetap berada di rumah.

Meski demikian, tak sedikit pula yang memanfaatkan kecanggihan teknologi di zaman ini. Menjadi pengusaha kecil-kecilan dengan memanfaatkan platform daring rasanya bisa menjadi solusi agar masyarakat tetap turut membantu pemerintah menghentikan penyebaran virus mematikan asal Wuhan, China itu.

Masyarakat dapat tetap berada di rumah dan menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa harus berpergian. “Per bulan saat ini Rp. 6 juta, itu dari hasil penjualan baik toko kecil saya maupun platform dagang online, dan mencukupi,” kata Pemilik Toko Mainan Fitri, Bayu Indra Wirana Kepada Radar Bogor.

Ditemui di tokonya di Jalan Pahlawan, Kampung Tengah, RT1/5, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Indra menjelaskan, telah membuka tokonya selama tujuh tahun. Barang yang dijual yakni berbagai jenis mainan. Mulai dari mainan koleksi seperti hot wheels, Lego, dan berbagai jenis mainan edukasi anak.

Menurut dia, sejauh masa pandemi berlangsung perekonomian terbilang aman. Di awal masa penyebaran, kata dia, penurunan ekonomi pun memang sangat terasa.

Meskipun begitu, tingkat penjualan dari toko online tak juga menurun. “Alhamdulillah aman banget saat. Karena di penjualan onlinenya pun stabil,” ujar pemilik toko online mainan Indra Ndom.

Di menuturkan, untuk mengikuti himbauan pemerintah memang sangat sulit dilakukan. Sebab hal itu bertentangan dengan kebutuhan makan sehari-hari yang ‘normalnya’ masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari luar. Tetapi, lanjut dia, masyarakat pun tetap dapat optimis dengan memanfaatkan berbagai kecanggihan media sosial yang ada saat ini.

“Semua bisa serba online sekarang. Tanpa bersentuhan maupun berpergian. Ya biarpun keadaan ini sangat berpengaruh tetapi yakin dan optimis bisa menghasilkan pendapatan juga,” papar dia.

Dia menguraikan, saat ini untuk jam buka toko menjadi setengah hari dari jam 07.00 – 12.00 WIB. Hal tersebut tak berlakukan untum toko onlinenya. Dia menyebut, untuk toko online bisa kapan saja dilakukan. Belum lagi bonus dari penjualan setiap harinya yang bisa didapat dari aplikasi tersebut.

“Ya semua ini bisa dijalankan dengan baik. Tetap tenang dan percaya rejeki bisa datang darimana saja kan. Yang jelas saya juga berharap kondisi wabah virus ini dapat segera selesai,” tandas dia. (reg)