25 radar bogor

Ganti Pemilik, Newcastle Dekati Eks Manajer Spurs

Mauricio Pochettio
Mauricio Pochettio

NEWCASTLE–RADAR BOGOR, Akuisisi Newcastle United oleh konsorsium milik Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman, Public Investment Fund (PIF), dikabarkan sebentar lagi rampung. Apalagi, pemilik The Magpies –julukan Newcastle United– Mike Ashley sudah sepakat dengan nominal GBP 300 juta (Rp 5,57 triliun) yang disodorkan PIF.
Tuntasnya alih status kepemilikan The Magpies bakal memengaruhi kebijakan klub yang baru. Sebagaimana dilansir Le10 Sport kemarin, PIF gatal ingin mengganti posisi pelatih tim yang saat ini diduduki Steve Bruce. Penggantinya bukan mantan allenatore Juventus Massimiliano Allegri yang namanya paling santer disebut saat proses akuisisi. Melainkan, mantan pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino.
Hanya, untuk mendapat Poche secepatnya atau tanpa menunggu musim ini usai, Newcastle tidak cukup menyiapkan nominal untuk kontrak dan gaji. The Magpies masih harus membayar kompensasi GBP 12,5 juta (Rp 232,15 miliar) kepada Spurs sebagaimana yang tercantum dalam klausul kontrak Poche bersama Spurs. ’’Bagi PIF, uang kompensasi tersebut bukan jumlah yang besar dan perubahan kepelatihan sangat mungkin dilakukan,’’ tulis Le10 Sport.
Hanya, masih diragukan apakah Poche mau menerima tawaran bekerja di Newcastle dengan kompetisi mendekati akhir. Berbeda jika pelatih 48 tahun asal Argentina itu menerima tawaran melatih pada awal musim sehingga memiliki masa persiapan memadai.
Selain Poche, Daily Star menulis bahwa ada pelatih lain yang dipepet PIF untuk menangani Newcastle. Yakni, der trainer Red Bull Leipzig (RBL) Julian Nagelsmann. Pelatih yang dijuluki Baby Mourinho itu berhasil mencuri perhatian musim ini dengan mencatatkan sejarah ketika kali pertama meloloskan RBL ke perempat final Liga Champions. (jpc)