25 radar bogor

PKS Bingung, Pemerintah Malah Bahas Cuti Dibanding Fokus pada Pandemi

Mardani Ali Sera. Foto; Ricardo/JPNN.com
Mardani Ali Sera. Foto; Ricardo/JPNN.com

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah berencana akan memundurkan libur cuti bersama pada perayaan Idul Fitri. Ada sejumlah opsi lain yang akan diambil dan sudah dirapatkan secara khusus oleh Presiden dan Ketua BNPB Doni Monardo.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera mengatakan, sebaiknya pemerintah fokus saja terhadap penanganan pandemi virus Korona atau Covid-19 di tanah air.‎ Ketimbang memikirkan libur cuti bersama.

“Pemerintah mestinya fokus ke Covid-19. Dengan pemberlakuan kerja di rumah, masyarakat belum terpikir opsi cuti,” ujar‎ Mardani kepada JawaPos.com, Rabu (6/5).

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, setelah usai mengatasi pendemi Covid-19. Maka pemerintah perlu mengajak masyarakat mengejar ketertinggalannya akibat Covid-19 ini. Sehingga menurut Mardani itu yang seharusnya menjadi fokus pemerintah.

“Pemerintah perlu bekerja keras dan mengajak semua warga untuk menyelesaikan PR (pekerjaan rumah-Red) besar di bidang pangan, pendidikan hingga ketahanan lingkungan. Bukan libur pikirannya tapi kerja,” katanya.

Sebelumnya, ‎Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi juga membahas mengenai opsi pergantian libur cuti bersama Idul Fitri di tahun 2020 ini.

Menurut ‎Doni, opsi pergantian cuti bersama libur Idul Fitri masih dilakukan pengkajian. Hal itu karena ada yang menginginkan libur Idul Fitri diganti berbarengan di Idul Adha (akhir Juli) atau diganti di akhir tahun nanti.

“Untuk penggantian cuti Lebaran, Bapak Presiden meminta untuk dipertimbangkan, mana kira-kira yang lebih baik, apakah pada waktu Idul Adha, akhir Juli, atau nanti tetap akhir tahun,” ujar Doni usai rapat bersama dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (4/5/2020).

Doni mengatakan mengenai cuti bersama libur Idul Fitri ini masih dalam pengkajian. Sebab pemerintah masih memantau kondisi pandemi virus Korona atau Covid-19 di tanah air.

“Semuanya tergantung dari kesungguhan kita. Semakin disiplin semakin kita taat dan patuh untuk mengikuti protokol kesehatan, maka semakin cepat kita menikmati suasana kehidupan normal,” katanya. (jpg)