25 radar bogor

Ketahuan Merokok, Kiper Juventus Pernah Disingkirkan Wenger

Wojciech Szczesny

TURIN-RADAR BOGOR, Memang pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Ya, setidaknya itulah yang diingat portiere Juventus Wojciech Szczesny. Terutama pengalamannya ketika masih berstatus kiper Arsenal. Satu kesalahan fatal menghancurkan karirnya di Arsenal.

Apakah itu? ’’Aku merokok di pojok kamar mandi yang berbeda ruangan dengan ruang ganti dan tak ada seorang pun yang bisa melihatku,’’ kenang Woja –sapaan akrabnya– kepada Arsenal Nation Podcast.

Padahal, saat itu tactician Arsenal Arsene Wenger sudah memberlakukan larangan merokok bagi pemainnya. Terutama di London Colney, kamp latihan Arsenal dan di stadion. Tragisnya, kiper 30 tahun itu malah merokok selepas pertandingan awal 2015 di St Mary’s. Tepatnya ketika Arsenal menantang tuan rumah Southampton.

Saat itu gawang Szczesny dijebol Sadio Mane dan Dusan Tadic. Dua gol yang menandai streak Woja dalam tujuh laga Premier League beruntun yang gagal clean sheet. Karena itulah, dia merokok untuk melampiaskan emosi.

’’Saat itu aku perokok berat. Dia (Wenger, Red) juga sudah tahu itu. Aku tak tahu siapa yang melihatku (merokok). Yang jelas bukan Wenger. Namun, dia melaporkannya,’’ paparnya. ’’Beberapa hari setelahnya, aku bertemu dengan Wenger dan dia bertanya tentang kebenaran cerita itu. Aku pun mengakuinya. Lalu, dia menjatuhkan sanksi dan masalah selesai,’’ lanjutnya.

Sanksinya fatal. Nama kiper timnas Polandia tersebut digantikan David Ospina dalam daftar starting eleven The Gunners, julukan Arsenal. Szczesny hanya duduk manis di bench pada laga-laga Premier League dan Liga Champions. Tugasnya hanya mengawal gawang Arsenal saat laga-laga di ajang Piala FA. Di ajang tersebut, dia akhirnya mampu mempersembahkan trofi juara Piala FA bagi Arsenal. Saat final, dia pun clean sheet melawan Aston Villa. Trofi juara ketiganya bersama Wenger di Arsenal. Pada akhir musim, Szczesny ditendang ke AS Roma sebagai pemain pinjaman sebelum ditebus Juventus dengan fee EUR 12,2 juta (Rp 188 miliar).

Szczesny bukan satu-satunya pemain korban larangan merokok di Arsenal yang pernah dicanangkan Wenger. Jack Wilshere juga pernah melanggar aturan merokok. (Jpg)