25 radar bogor

Xabi dan Eks Valencia Diramal jadi Asisten Guardiola

Xabi Alonso
Xabi Alonso
Xabi Alonso
Xabi Alonso

SPANYOL-RADAR BOGOR, Rodolfo Borrell sampai saat ini masih menjadi tangan kanan Pep Guardiola.

Borrell menggantikan posisi Mikel Arteta yang menjadi pelatih kepala Arsenal sejak Desember lalu.

Seperti diberitakan Goal kemarin (27/4), Borrell disebut hanya akan mendampingi Pep sampai akhir musim 2019‒2020 ini. Menurut asisten pelatih Rangers Michael Beale, filosofi Borrell tak sejalan dengan Pep.

“Rodolfo (Borrell) sangat bagus dalam mengorganisasi pertahanan dan itu tidak seperti yang diharapkan Pep,” kata Beale. ”Saya rasa Pep mengapresiasi Rodolfo untuk pelatihan menekan dan serangan balik,” ujarnya.

Beale sangat mengerti Borrell. Sebab, keduanya pernah berkolaborasi di Liverpool U-23 pada 2012. Beale pernah menjadi asisten Borrell sebelum Borrell menjabat direktur akademi Liverpool.

Nah, ada beberapa kandidat yang disebut-sebut akan menjadi asisten Pep. Yang paling mengemuka adalah entrenador Real Sociedad B Xabi Alonso. El Mariscal ‒julukan Xabi‒ adalah anak buah Pep saat pelatih kelahiran Santpedor, Spanyol, itu melatih Bayern Muenchen (2013‒2016).

Kemudian, ada juga nama mantan anak buah Pep. Yakni, Domenec Torrent. Torrent menjadi staf kepelatihan Pep sejak di Barcelona dan Bayern. Namun, pada 2018, Torrent bergabung dengan tim satelit City, New York City (NYC) FC, di MLS. Torrent juga menganggur ketika tahun lalu mengundurkan diri sebagai pelatih NYC FC.

Yang mengejutkan adalah munculnya sosok kapten City saat ini, David Silva. Kontrak El Mago ‒julukan Silva‒ akan habis musim ini. Meski belum jelas, El Mago diisukan siap hijrah ke MLS untuk bergabung dengan Inter Miami FC, klub milik David Beckham.

Di sisi lain, jika Xabi menerima tawaran Pep, hati Kopites ‒julukan fans Liverpool‒ akan patah. Musim panas lalu, Xabi menyatakan bahwa dirinya tak terlalu gembira saat City menang atas Liverpool dalam perebutan takhta domestik. ”Saya fans Liverpool,” kata Xabi yang membela Liverpool pada 2004‒2009 seperti dikutip BBC.

Desember lalu, ketika Arteta hijrah ke Arsenal, Xabi juga dikabarkan sudah dilobi Arteta buat menggantikannya sebagai asisten Pep.  (Jpg)