25 radar bogor

Tiga Warganya Positif Covid-19, Keluar Masuk Puri Cileungsi Diperketat

Pengamanan di pintu masuk Puri Cileungsi diperkatat.
Pengamanan di pintu masuk Puri Cileungsi diperkatat.

CILEUNGSI–RADAR BOGOR, Warga Perumahan Puri Cileungsi, Desa Gandoang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor mulai memperketat pengawasan keluar-masuk baik warga perumahan maupun pendatang pasca salah satu keluarga di perumahan tersebut terkonfirmasi postif Covid-19.

Ketua RW 7, Perumahan Puri Cileungsi Priyono mengatakan total warganya yang positif terinfeksi Covid-19 yakni tiga orang. Ketiganya terdiri dari seorang ibu dan kedua anaknya yang masih di bawah umur. “Iya betul masih satu keluarga,” kata dia kepada Radar Bogor, kemarin (27/4).

Dia menyebut warga lainnya pun terus memberikan dukungan kepada salah satu warga perumahan yang terinfeksi Covid-19. Dukungan yang diberikan ini, lanjut dia, baik moral, spiritual, maupun material.

Hal tersebut bukan saja dilakukan warga ketika berada di rumah melainkan ketika korban berada di rumah sakit swasta pun sampai saat ini telah berada di RS. Polri.

Kondisi pengawasan di perumahan saat ini, menurutnya, pemerintah wilayah pun telah menerapkan sistem pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia mengaku sebelum terjadinya musibah yang mengakibatkan satu dari warganya terkonfirmasi positif covid-19, aparatur wilayah pun telah menerapkan sistem tersebut.

“Sebetulnya pun jauh sebelum hal ini terjadi kami telah menerapkan PSBB di perumahan. Artinya sudah diperketat seperti penggunaan wajib masker, mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak atau tidak berkerumun,” ungkap dia.

Sementara itu, ketika disinggung terkait awal mula diketahui salah seorang warganya terinfeksi covid-19 dia menjelaskan, hal itu bermula dari pelaporan seorang warga yang juga tetangga korban kepada ketua RT setempat terkait hasil laboratorium ketiga orang tersebut yang menyatakan positif Covid-19.

Sehingga pihak rumah sakit swasta pun, kata dia, meminta untuk ketiganya dirujuk ke rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. “Sebelum mendapatkan rumah sakit rujukan itu lantaran usia anak-anaknya masih kecil sehingga dia meminta untuk isolasi mandiri di rumah,” ujar dia.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat di berbagai wilayah untuk menjadikan pelajaran dari setiap jumlah pasien terinfeksi covid-19 di berbagai wilayah.

Masyarakat, kata dia, tetap harus mengikuti arahan dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran covid-19. “Dengan begitu jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia tak semakin bertambah,” pintanya.

Sebelumnya, ssatu keluarga terkonfirmasi positif covid-19 di Desa Gandoang, Kecamatan Cileungsi, dibawa tim medis RS. Polri untuk menjalani perawatan di Wisma Atlet Jakarta, Selasa (21/4).

“Iya betul,” kata Kapolsek Cileungsi Kompol Endang Kusnandar membenarkan peristiwa penjemputan warga Perumahan Puri Cileungsi oleh Tim Medis RS. Polri kepada Radar Bogor.

Seperti diketahui bedasarkan hasil lab RS. Polri menyatakan seorang ibu berusia 35 tahun dan kedua anaknya dinayatakan positif covid-19. Sementara sang suami berusia 38 tahun dan satu anak lainnya berstatus negatif.(reg)