25 radar bogor

Begini Kondisi Habib Bahar Smith di Lapas Cibinong

Kondisi Habib Bahar Smith di Lapas Cibinong.
Kondisi Habib Bahar Smith di Lapas Cibinong.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Politikus Fadli Zon mengunggah sebua foto ke akun Twitternya. Foto itu menunjukkan kondisi Habib Bahar Smith yang masih meringkuk di Lapas Kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Ini foto epik. Habib Bahar Smith bersama murid-muridnya di Lapas Cibinong, Bogor. Diambil dari photo booth Lapas, foto oleh salah seorang napi,” tulis Fadli Zon dalam cuitannya, Senin (27/4).

Unggahan itu sontak mengundang banyak respon. Dalam foto tersebut, Habib Bahar tampak duduk diantara narapidana yang bertelanjang dada itu. Sebagian besar bertatahkan tato di sekujur tubuhnya. Sementara, hanya badan Habib Bahar yang tertutup jaket dengan topi ala koboi.

Kepala Lapas Kelas II Cibinong, Ardian Nova Christiawan pun membenarkan terkait foto tersebut. Hanya saja, foto itu diambil pada bulan Oktober, 2019 silam. Jauh sebelum Fadli Zon mengunggahnya ke media sosial di masa pandemi wabah Covid-19 sekarang ini.

“Betul, tapi itu foto lama waktu Oktober 2019. Itu diambil di musala dengan menggunakan jasa photo both yang disediakan di layanan kunjungan lapas,” beber Ardian yang dikonfirmasi Radar Bogor, Senin (27/4).

Kendati demikian, ia tak menampik jika keberadaan Habib Bahar memang sempat menjadi perhatian. Beberapa napi ada yang menjadi muridnya. Kata Ardian, sebagian napi yang ada di dalam foto itu juga telah bebas dari hukumannya. “Alhamdulillah habib sehat,” pungkasnya. (mam)