25 radar bogor

7 Tips Agar Tidak Bosan Bekerja di Rumah

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat pemerintah menginstruksikan kampanye bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Di Kota Bogor sendiri, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 2 pekan membuat hampir seluruh pekerja melakukan kegiatan bekerjanya dari rumah. Terlebih, sebelum penerapan PSBB pun sebagian perusahaan sudah menerapkan kebijakan WFH

Bekerja dari rumah bertujuan mengurangi aktivitas di luar rumah guna mengurangi penyebaran virus corona. Namun, sebagian besar dari anda mungkin sudah mulai bosan dan jenuh berada di rumah saja. Perlu tips-tips khusus agar Anda yang melakukan WFH tak merasakan bosan atau kesepian.

Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia pada IPB University, Melly Latifah memberikan 7 tips agar tak bosan bekerja dari rumah seperti yang dilansir dari sumber Kompilasi Tips Pakar IPB:

1. Ubah Pemikirian Kita Tentang Arti Bekerja.

Bekerja tidak berarti harus di kantor, kuliah tidak harus di kampus. Kemampuan beradaptasi adalah kunci utama dari konsep kecerdasan.

2. Lakukan Conditioning Di Rumah

Ubahlah satu pojok ruangan atau kamar seperti ruangan kantor. Tambahkan pernak-pernik hiasan dan bunga di ruangan tersebut bila perlu.

3. Tetap Disiplin Bekerja

Dan ingat bahwa saat ini kita tidak sedang libur. Membuat jadwal atau agenda kerja seperti biasa.

4. Manfaatkan Waktu Luang Dengan Melakukan Hobi Atau Pekerjaan Lain Yang Menjadi Passion

Seperti membaca buku, memainkan musik, menulis cerita, menjahit, berkebun, olahraga, merapikan file, dan kegiatan menarik lainnya.

5. Kembangkan Diri Melalui Aktivitas Membaca Atau Menonton Video Dan Membangun Kegiatan Atau Hobi Baru

Misalnya tentang pengembangan kepribadian, public speaking, bahasa asing, berbagai aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran daring, uji coba resep-resep kue, dan lainnya.

6. Ubah Orientasi Berpikir Dengan Tidak Hanya Memikirkan Diri Sendiri

Lakukan hal-hal yang dapat membahagiakan orang lain. Misalnya, menjadi donatur dalam kegiatan donasi, tata rumah dan pekarangan agar lebih nyaman, perbaiki barang-barang yang rusak, bercengkrama bersama pasangan dan anak-anak atau orang tua di rumah.

7. Berilah Hadiah Bagi Diri Sendiri Yang Selama Ini Telah Bekerja Keras

Misalnya dengan menonton konser musik atau film kesukaan melalui TV atau jaringan internet. (CR3)