25 radar bogor

Mulai Senin Siswa Belajar dari Rumah Lewat TVRI, Catat Berikut Jadwalnya

Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim.
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Lembaga penyiaran publik TVRI sebagai bagian dari media official Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menyiarkan program-program pendidikan. Tentunya dalam rangka mendukung upaya belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19.

Mendukbud Nadiem Makarim mengatakan, Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19.

“(Program ini) khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis,” ujar Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta.

Pelaksana Tugas (plt) Direktur Utama TVRI, Supriyono mengatakan program pendidikan tersebut ‎akan disiarkan mulai Senin (13/4/2020). Program tersebut akan menyiarkan banyak materi pembelajaran khusus bagi siswa SD, SMP, SMA, pembelajaran umum, serta parenting.

“Dengan program materi belajar untuk SD, SMP, SMA, pembelajaran umum, serta parenting,” ujar Supriyono dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (11/4/2020).

Penayangan program belajar dari rumah tersebut merupakan kerja sama antara TVRI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan dilangsungkan selama tiga bulan ke depan.

Sementara itu, Plh Direktur Program dan Berita TVRI, Usrin Usman, menyatakan bahwa program tersebut adalah resposn cepat Kemendikbud atas masukan dari Komisi X DPR RI melalui rapat kerja pada 27 Maret lalu.

“Konten pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, dan kecakapan hidup peserta didik yang disampaikan secara ringan dan menghibur,” jelasnya.

Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa tayangan pendidikan belajar dari rumah akan disiarkan pada Senin hingga Jumat. “Juga ada kegiatan malam hari berupa film untuk anak serta film Indonesia,” tambah Usrin.

Selanjutnya, Kemendikbud akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program yang dijalankan oleh TVRI, bersama dengan lembaga nonpemerintah. (jpg)

Jadwal program belajar TVRI

08.00-08.30 WIB: materi PAUD
08.30-09.00 WIB: materi SD kelas 1 sampai 3
10.00-10.30 WIB: materi SD kelas 4 sampai 6
10.30-11.00 WIB: materi SMP
14.00-14.30 WIB: materi SMA
14.30-15.00 WIB: materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru