25 radar bogor

Gempa Guncang Sukabumi

Logo BMKG

 

BOGOR – RADAR BOGOR, Tak hanya erupsi Gunung Anak Krakatau, Sabtu (11/4/2020) gempa mengguncang Sukabumi dan sekitarnya pada pukul 07:51:01 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan, gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 3.4 SR. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Sukabumi hari ini berada pada titik koordinat 6.94 LS 106.29 BT.

Menurut BMKG pusat gempa berada di darat 41 km tenggara Lebak – Banten. Adapun kedalaman pusat gempa tersebut adalah 4 Km. Berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan akibat gempa Sukabumi hari ini dirasakan pada sejumlah tempat berikut I-II Sukabumi II-III Bayah.

Sementara itu, erupsi Gunung Anak Krakatau hingga dentuman yang terjadi Jumat (10/4/2020), masih menjadi perbincangan masyarakat terutama warganet. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, kondisi di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Sabtu (11/4/2020) hingga pukul 04.00 WIB tidak terpantau adanya bau belerang dan debu vulkanik.

“Pagi ini belum ada laporan kerusakan, kondisi turun hujan, dan masyarakat di kecamatan tersebut terutama wilayah sepanjang pantai sudah kembali ke rumah masing-masing,” tulis Agus dalam siaran persnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, desa terdampak di pesisir pantai diantaranya Way Mulih, Way Mulih Timur dan Kunjir. Ia mengakui, sebagian warga masih ada yang berjaga dan memantau kondisi.

“BPBD melalui tim reaksi cepat (TRC) telah menghubungi tim pemantau Gunung Anak Krakatau, hasilnya yaitu Status masih waspada (Level 2) dan aktivitas vulkanik sudah reda. Masyarakat dihimbau tidak panik,” paparnya. (bmkg/lp)