25 radar bogor

Tentang Meningitis, Penyakit yang Renggut Nyawa Glenn Fredly

Glenn Fredly
Glenn Fredly

BOGOR-RADAR BOGOR, Kematian salah satu musisi terbaik Indonesia, Glenn Fredly, Rabu (8/4/2020) membuat publik terkejut, khususnya para penggemarnya.

Pelantun lagu ‘Januari’ dikabarkan meninggal pada usia 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta, akibat penyakit radang selaput otak atau meningitis.

Sebelumnya, selain Glenn Fredly, penyakit ini juga menjadi penyebab meninggalnya salah satu figur sekaligus artis Indonesia, Olga Syahputra.

Kasie Pelayanan Medik dalam RSUD Kota Bogor, Andi Aprianto mengatakan, meningitis adalah penyakit infeksi yang menyerang selaput otak, yang bisa disebabkan virus, bakteri, atau jamur. Penyakit ini bisa dikatakan radang pada selaput otak.

“Penyakit ini dapat menyerang semua usia, terutama pada orang orang yang memiliki penurunan kekebalan atau daya tahan tubuh,” ujar Andi kepada Radar Bogor, Kamis (9/4/2020).

Andi menuturkan, gejala dari penyakit ini meliputi keluhan sakit kepala yang luar biasa, demam, kaku pada leher, dan yang berat terjadi penurunan kesadaran pada si penderita.

Penyakit yang bisa dicegah melalui vaksin ini, menurut Andi bisa disembuhkan. Hanya saja kondisi meningitis si penderita tidak begitu parah.

Sedangkan untuk pengobatan, meningitis harus disesuaikan dengan penyebabnya. Karena, setiap penyebabnya seperti dari bakteri, virus, dan jamur itu berbeda-beda penanganannnya.

“Dalam mengatasi meningitis tipe lain diluar 3 penyebab tersebut, dokter akan menyesuaikan pengobatan dengan penyebab yang menyertainya. Apabila meningitis disebabkan oleh adanya kondisi seperti kanker atau penyakit autoimun, maka dokter akan menganjurkan terapi atau obat yang bertujuan untuk menangani kondisi tersebut,” pungkasnya.(CR3)