25 radar bogor

Detik-detik Pengolahan Gas Pertamina di Cepu Blora Terbakar, Pekerja Berlarian

Fasilitas pengolahan gas milik PT Pertamina (EP) di Cepu terbakar pada pukul 09.40, Kamis (9/4/2020) pagi tadi
Fasilitas pengolahan gas milik PT Pertamina (EP) di Cepu yang terbakar pada pukul 09.40, Kamis (9/4/2020) pagi tadi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Fasilitas pengolahan gas milik PT Pertamina (EP) di Cepu Blora terbakar pukul 09.40, Kamis (9/4/2020) pagi tadi.

Dari video yang beredar, tampak detik-detik api membakar salah satu area thermal. Beberapa pekerja di sekitar lokasi pun berlarian menyelamatkan diri. Namun, api kini sudah dipadamkan dan sedang tahap stabilisasi.

Asset 4 General Manager PT Pertamina EP Agus Amperianto memaparkan, penyebab terjadinya kebakaran adalah keluarnya percikan api di fasilitas tersebut akibat gangguan di area Thermal Oxidizer (TOX) di Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih.

Tim Penanganan Keadaan Darurat PT Pertamina EP Cepu Field , kata dia, langsung melakukan upaya stabilisasi seluruh fasilitas di CPP Gundih.

Api di Fasilitas TOX sudah berhasil dikendalikan dan tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

“Saat ini operasi di CPP Gundih dan sumur gas sudah dilakukan shutdown untuk proses stabilisasi. Seluruh pekerja didalam area CPP Gundih sudah dievakuasi, Fire Truck 2 unit serta ambulance dan paramedic kami standby di lokasi,” terangnya, Kamis, (09/04/2020) seperti dilansir cnbcindonesia.com .

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa saat ini tim PKD masih terus menjaga fasilitas CPP Gundih untuk mengamankan hingga kondisi stabil. Pihaknya berharap agar masyarakat di sekitar lokasi tidak panik.

“Karena tim kami masih terus menangani kondisi ini sampai tuntas. Mohon doanya agar fasilitas CPP Gundih bisa segera beroperasi normal. Dan produksi gas sebesar 50 MMSCFD bisa kembali kita salurkan ke konsumen antara lain PT SPP, PLTGU Tambak Lorok Semarang dan PGN Jargas Blora dan Jargas semarang,” papar Agus. (cnbc/ysp)

https://youtu.be/K81df7-3bJc