25 radar bogor

Susul Maldini, Dua Pemain Juventus Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Daniel Rugani sembuh dari Corona

TURIN-RADAR BOGOR, Kabar baik itu terus berdatangan. Satu per satu pesepak bola yang terjangkit Covid-19 dinyatakan sembuh. Sejak wide attacker Chelsea Callum Hudson-Odoi pulih akhir bulan lalu (27/3), setidaknya sudah sepuluh pemain yang terbebas dari virus SARS-CoV-2.

Awal pekan ini (6/4), Fiorentina mengumumkan bahwa tiga pemainnya sudah pulih. Yakni, kapten sekaligus bek tengah German Pezzella serta dua striker Patrick Cutrone dan Dusan Vlahovic. Ketiganya diumumkan sembuh setelah sebelumnya menjalani tes lanjutan yang hasilnya negatif.

Itu hanya berselisih sehari dari diumumkannya kesembuhan gelandang muda AC Milan Daniel Maldini. Sebelumnya, Daniel dilaporkan positif Covid-19 bersama dengan sang ayah yang sekarang jadi direktur olahraga Rossoneri, Paolo Maldini.

Untuk Serie A, striker Sampdoria Manolo Gabbiadini jadi pemain yang pertama dinyatakan sembuh pada 30 Maret setelah pada 12 Maret dilaporkan positif Covid-19.

Kabar tersebut sedikit melegakan Serie A sebagai liga elite Eropa dengan kasus pemain positif Covid-19 terbanyak. Total ada 13 kasus yang dibagi ke Juventus, Fiorentina, Sampdoria, dan Hellas Verona. Meski, ditengarai ada beberapa klub Serie A yang enggan mengumumkan secara terbuka bahwa ada pemainnya yang positif Covid-19.

Dalam 1–2 hari ke depan, dua penggawa Juve, masing-masing bek tengah Daniele Rugani dan gelandang Blaise Matuidi, diklaim bakal mengikuti jejak mereka yang telah pulih. Khusus untuk Rugani, pemain 25 tahun itu sebenarnya menjalani proses pemulihan dengan durasi yang sama dengan Gabbiadini. Hanya, progres penyembuhan setiap orang memang berbeda.

’’Masih ada gejala ringan. Tunggu kabar baiknya saja tidak lama lagi,’’ ucap kekasih Rugani, Michela Persico, yang juga positif Covid-19 saat berbicara kepada Live-Non e la D’Urso kemarin (7/4).

Manajemen Nyonya Tua –julukan Juve– juga memberikan pernyataan yang sama terkait kondisi para pemain mereka yang terkena Covid-19. Selain Rugani dan Matuidi, striker Paulo Dybala adalah nama ketiga di skuad Nyonya Tua yang positif Covid-19.

Sebelum Fiorentina, Valencia pada pekan lalu juga melaporkan bahwa sepuluh personelnya sudah sembuh dari Covid-19. Meski tidak dijelaskan secara terperinci, tiga di antaranya diyakini adalah pemain. Yakni, dua bek tengah Eliaquim Mangala dan Ezequiel Garay serta bek kiri Jose Gaya.

Di La Liga, tidak banyak tim yang memiliki kasus positif Covid-19. Selain Valencia, hanya ada Alaves yang mengumumkan bahwa ada 15 kasus positif yang meliputi 3 pemain tim utama, 7 staf pelatih, dan 5 sisanya adalah karyawan klub.

Meski para pemain di atas sudah dinyatakan sembuh, ada kekhawatiran kondisi mereka tidak akan sama seperti saat sebelum terjangkit Covid-19. Hal itulah yang melatarbelakangi CONI (Komite Olimpiade Italia) mengharuskan semua pemain yang pernah positif Covid-19 menjalani tes kesehatan secara menyeluruh ketika kompetisi kembali dimulai nantinya. Terlepas kompetisi dilanjutkan tanpa penonton.