25 radar bogor

Rentan Penyebaran Covid-19, Kesehatan Supir Angkot Diperiksa

radarbogor - sopir angkot diperiksa kesehatan
Pemeriksaan kesehatan para sopir angkutan umum di Kota Bogor, oleh Dishub Kota Bogor, Selasa (7/4/2020).
radarbogor - sopir angkot diperiksa kesehatan
Pemeriksaan kesehatan para sopir angkutan umum di Kota Bogor, oleh Dishub Kota Bogor, Selasa (7/4/2020).

BOGOR – RADAR BOGOR, Sarana transportasi menjadi akses paling masif dalam hal penyebaran Covid-19. Maka dari itu, sebagai kota sejuta angkot, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pemeriksaan terhadap angkutan kota (angkot) di beberapa titik.

Kepala Dishub Kota Bogor, Eko Prabowo menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan Selasa (7/4/2020) itu dilangsungkan di kawasan Dreded, Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan. Terhitung ada ratusan kendaraan yang diperiksa.

“Selain kendaraannya kami juga memeriksa kesehatan para supir dan penumpang. Sekaligus kita berikan pemahaman tentang Covid-19. Selain itu kita ingin mengetahui kondisi fisik sopir dan penumpang,” kata Eko pada Radar Bogor.

Selain itu, kata Eko, langkah Dishub tersebut sebagai bentuk pembatasan pergerakan secara minimal dari masyarakat. Baik di dalam angkutan umum, maupun masyarakat yang masih hilir mudik tanpa tujuan penting.
Mantan Kadispora Kota Bogor ini menjelaskan, selain memeriksa kesehatan pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan kepada angkutan. Serta sosialisasi perilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
Dilakukan juga kegiatan empati kepada para supir angkot dengan membagikan sejumlah sembako.

”Kita juga membagikan sembako berupa beras kepada para supir angkot. Ini sebagai langkah kecil nyata Dishub, sebagai pemantik bagi donatur- donatur lainnya, yang diberikan rejeki lebih untuk berbuat sama seperti Dishub. Membantu saudara- saudara kita yang kurang beruntung akibat terkena imbas Covid-19,” pungkasnya. (dka/c)