25 radar bogor

Perangi Penyebaran Covid-19, Warga Pasang Auto Sanitazing Gate

Warga Perumahan Pakuan Regency Cluster Jayadewata memasang auto sanitizer gate.

 

Warga Perumahan Pakuan Regency Cluster Jayadewata memasang auto sanitazing gate.

BOGOR-RADAR BOGOR, Imbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk saling menjaga kebersihan lingkungan tampaknya mendapat respon positif dari masyarakat.

Pasalnya, banyak warga yang berinisiatif dan berlomba-lomba saling menjaga lingkungan masing-masing sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Salah satunya warga Perumahan Pakuan Regency Cluster Jayadewata.

Pemukiman yang terletak di kawasan Dramaga, RT 004 RW 013, Kelurahan Balumbang Jaya, Bogor Barat tersebut sangat serius melakukan antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Bahu-membahu dan solidnya warga Cluster Jayadewata menjadi salah satu kunci bisa berjalannya berbagai proses pencegahan virus di kawasan tersebut.

Ketua RT 004 RW 013, Rakhmad Rahadian menuturkan, sebagai upaya berkala dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, warga RT 004 RW 013 memberlakukan screening bagi siapa pun, yang memasuki lingkungan Cluster Jayadewata. Alat yang digunakan untuk screening diberi nama Auto Sanitizing Gate (ASG).

“Ini untuk sterilisasi dengan menggunakan cairan disinfektan yang keluar dalam bentuk uap air. Siapapun tanpa terkecuali yang masuk lingkungan Cluster Jayadewata diwajibkan untuk melewati gerbang yang sudah disiapkan,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Bang Adi tersebut mengaku, pemasangan ASG merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya bekerjasama dengan ASMAF (Aksi Sosial Masjid Al Furqan) Pakuan Regency serta Pengurus RT 004/ RW 013 untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke ratusan rumah warga.

“Alhamdulillah warga Cluster Jayadewata sangat kompak dan solid. Ini menjadi tambahan energi buat kami selaku pengurus di lingkungan Cluster Jayadewata, sesuai dengan motonya Cluster Jayadewata Kompak-Guyub-Jaya,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut, kata Bang Adi, telah dilaporkan kepada Lurah Balumbang Jaya dan Camat Bogor Barat. Laporan tersebut merupakan bentuk koordinasi program yang dilakukan dari level bawah dan juga untuk menyebarkan semangat melawan Covid-19 dengan kebersamaan dan gotong royong.

Mengetahui warganya membuat alat pencegahan corona, Camat Bogor Barat, Rr Juniarti Estiningsih memantau bagaimana upaya warga Cluster Jayadewata serta mencoba langsung ASG tersebut. Estiningsih tidak sendiri, Ia didampingi Lurah Balumbangjaya Agus Suwondo, S.E. serta Babinsa TNI Desben Simanurung, Babinkamtibmas Polri Edi Sucahyo dan Ketua RW 013 Alfi Syahril.

“Sebagai pimpinan wilayah di Kecamatan Bogor Barat, saya selaku camat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pengurus RT 004 RW 013 Kelurahan Balumbang Jaya di bawah kepemimpinan Bang Adi, inilah sebagai contoh aksi nyata dalam upaya pencegahan wabah Covid-19 ini,” ucapnya. (cr4/c)