25 radar bogor

DPR Usulkan Pelanggan PLN 1.300 VA Juga Dapat Keringanan

Petugas PLN memasang jaringan listrik di rumah warga di Desa Jeringo, Lombok Timur
Petugas PLN memasang jaringan listrik. 

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah telah memberikan keringanan di sektor energi kepada masyarakat melalui subsidi listrik selama tiga bulan ke depan. Pelanggan PLN golongan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan. Sementara untuk golongan 900 VA didiskon 50 persen.

Anggota Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan Deddy Sitorus meminta agar Menteri BUMN Erick Thohir juga mempertimbangkan pelanggan 1.300 VA untuk dapat keringanan listrik. Sebab, pelanggan golongan 1.300 VA jumlahnya sangat banyak dan banyak yang terkena dampak virus korona Covid-19.

“Kalau lihat piramida 1.300 VA cukup besar dan banyak masyarakat tidak mendapat 400-900 VA dipaksa untuk ambil 1.300 VA (saat instalasi),” ujarnya dalam video conference, Jumat (3/4).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, akan menyampaikannya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Tentu kalau ada permintaan 1.300 VA mungkin saya sampaikan. Tapi, otoritas tidak di saya, tapi saya akan sampaikan ke Bapak Presiden ataupun Menko Perekonomian,” katanya.

Sebagai informasi, pemerintah telah menggratiskan pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan selama tiga bulan. Pemerintah juga memberikan diskon sebesar 50 persen bagi pelanggan listrik 900 VA yang jumlahnya sekitar 7 juta pelanggan selama tiga bulan.(JPC)