25 radar bogor

Maskapai Penerbangan Mulai Berhenti Beroperasi, Terminal Bus Damri Sepi Penumpang

Penumpang tujuan bandara di terminal Daamri Botani Square, Kota Bogor, turun drastis.
Penumpang tujuan bandara di terminal Daamri Botani Square, Kota Bogor, turun drastis.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua maskapai penerbangan menghentikan layanan penerbangan sementara untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Yang terbaru, salah satu maskapai yang menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan adalah AirAsia Indonesia.

Secara resmi AirAsia memberhentikan jadwal penerbangannya mulai tanggal 1 April hingga 21 April 2020 untuk penerbangan rute domestik. Sedangkan penghentian rute internasional sejak 1 April hingga 17 Mei 2020.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II akan membatasi operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) di Terminal 1 dan Terminal 2 mulai tanggal 1 April 2020 hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Akibat dari pembatasan sejumlah terminal di Bandara Soetta serta tutupnya dua maskapai di Indonesia membuat terminal bus Damri di Kota Bogor minim pengunjung. Dari pantauan Radar Bogor di Pool Damri Botani Square, nampak hanya ada 3 orang penumpang yang sedang menunggu keberangkatan.

“Sekarang penumpang dalam jumlah yang sedikit akan dialihkan menggunakan minibus jenis elf,” ucap salah satu staff operasional Pool Damri Botani Square yang tak ingin disebut namanya.

Untuk saat ini, ia mengatakan sebanyak 6 bus saja yang digunakan untuk operasional hariannya. Tentu hal tersebut turun jauh ketika dalam kondisi sebelum virus corona mewabah di Indonesia.

“Biasanya kalau normal ada 27 bus untuk operasional, namun selang beberapa minggu ini semakin turun hingga pada 6 bus saja,” ucapnya.

Minimnya jumlah armada bus Damri beriringan dengan semakin sedikitnya jumlah penumpang yang menggunakan jasanya. Dirinya mengatakan, penurunan jumlah bus berangsur mulai dari 27 bus, 25 bus, 20 bus, 15 bus, hingga 6 bus dalam satu pekan belakangan ini.(cr3)