Beranda Metropolis

Sterilkan dari Corona, Gedung Dewan hingga Pasar Disemprot Disinfektan

Gedung-dewan
Petugas Damkar menyemprotkan disinfektan ke Gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (26/3/2020).

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Bogor terus mempercepat pencegahan penyebaran virus corona.

Salah satunya sterilisasi dengan cara penyemprotan disinfektan di sejumlah titik, di antaranya di Gedung DPRD Koa Bogor, dan sebelumnya di pasar tradisional Jalan MA Salmun dan Dewi Sartika.

Petugas gabungan yang diturunkan, terdiri dari Satpol PP Kota Bogor, Damkar Kota Bogor dan Bidang Persampahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pada Satpol PP Kota Bogor Marse Hendra Saputra menjelaskan, sterilisasi dilakukan di sejumlah lokasi yang menjadi titik keramaian.

Penyemprotan disinfektan ini berdasarkan perintah dan arahan dari gugus tugas Covid-19 Kota Bogor, pihak damkar pun melaksanakan penyemprotan disinfektan secara massal di Kota Bogor.

“Untuk hari pertama ada sekitar tujuh titik,” katanya. Pelaksanaannya dilakukan bertahap, karena tak bisa dilakukan sekaligus.

Marse menjelaskan bahwa penyemprotan dilakukan secara manual agar jangkauan dari penyemprotan cairan disinpektan bisa tepat sasaran.

“Jadi kita tidak menggunakan langsung secara water suplay, tapi kita gunakan selang dari unit pemadam kebakaran, karena lebih efektif dan lebih efisien dari penggunaan bahan yang digunakan,” ucapnya.

Menurutnya, jika menggunakan water suplay bahan akan cepat habis, jarak tempuh juga akan lebih pendek, maka itu petugas memanfaatkan selang rol dari unit langsung.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Bogor Dimas Tiko juga mengerahkan petugas untuk melakukan pembersihan. Namun untuk memastikan jalur tersebut bersih, Ia pun menurunkan tim untuk monitoring jalur.

“Kita membantu mengawal kegiatan ini berbarengan dengan rombongan memastikan bahwa jalur yang disemprot itu pun bersih steril dari sampah,” katanya.

Sementara itu, Dansek Cibuluh Damkar Kota Bogor, Ayung Sukmana menjelaskan, penyemprotan juga dilakukan di sekitar DPRD, mulai dari halaman, lantai dasar, ruangan anggota dewan, ruang rapat paripurna, lantai atas.

“Ada sekitar 200 lebih ruangan yang kita semprot semua,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kodim 0606/Kota Bogor turut mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Kegiatan yang melibatkan Polresta Bogor Kota, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPBD, dan Damkar pada Satpol PP Kota Bogor tersebut rencananya dilakukan selama tiga hari (26-28/3).

Dandim Kota Bogor 0606 yang baru Kolonel TNI Teguh Cahyono menjelaskan, penyemprotan disinfektan dalam skala besar akan dilakukan selama tiga hari, dibagi dua kecamatan setiap kegiatan

“Di hari pertama Kecamatan Bogor Tengah-Bogor Barat, Bogor Timut-Bogor Selatan menjadi target penyemprotan di hari kedua, dan Sabtu (28/3/2020), dilaksanakan di Kecamatan Tanah Sareal-Bogor Utara,” ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, titik yang akan disemprot adalah fasilitas-fasilitas umum terutama masjid, sekolah, pos kamling dan tempat-tempat yang kemungkinan masyarakat masih sering bertemu.

“Sekaligus mengimbau masyarakat agar tetap berada di rumah, sesuai dengan imbauan pemerintah dan Presiden Joko Widodo, saat ini saya prihatin masih banyak masyarakat yang beraktivitas seperti biasa,” ucapnya.

Ke depan patroli petugas akan lebih masif, dan petugas sudah diperintahkan untuk membubarkan kerumunan massa. (ded/c)

Baca Juga