25 radar bogor

TPU Kayumanis Dijadikan Tempat Pemakaman Jenazah Korban Virus Corona

Ilustras Pasien Corona
Ilustras Pasien Corona

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi orang yang meninggal akibat Corona Virus (Covid-19).

Lahan makam itu terdapat di TPU Kayu Manis, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, seluas 4,5 hektare akan dijadikan tempat pemakaman korban Covid-19.

Kepala UPTD Pemakaman Kota Bogor, Toto Gunarto mengatakan, penyiapan lahan makam ini merupakan kebijakan dari Pemkot Bogor. “Yang PDP maupun positif, dipusatkan di TPU Kayu Manis, lahannya 4,5 hektare,” kata Toto seperti dikutif dari pojokbogor, Kamis (26/3).

Meski berada di pemakaman umum, namun ada protokol khusus dalam penguburan jenazah orang yang meninggal karena Corona. Seperti lokasi penguburan harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan warga untuk air minum, serta berjarak 500 meter dari pemukiman.

“Kedalaman lubang juga harus 1,5 meter dan ditutup dengan tanah setinggi satu meter. Kalau semua prosedur sudah dijalankan, pihak keluarga bisa ikut dalam penguburan,” katanya.

Toto menjelaskan, ada tiga jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dimakamkan di TPU Kayu Manis hari ini, Kamis (26/3/2020).

Meski jenazah belum dinyatakan meninggal karena Corona, karena masih menunggu hasil swab, petugas tetap mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam proses penguburan.

“Kalau tenaga medis yang membawa jenazah kurang dari mobil ambulans, petugas penggali kubur yang akan ikut menggotong,” kata dia.(cek/pojokbogor)