25 radar bogor

Keuangan Klub Terancam Krisis, Pemain BVB Rela Potong Gaji

DORTMUND-RADAR BOGOR, Terhentinya kompetisi akibat wabah korona, membuat klub tidak mendapatkan pemasukan. Situasi yang membuat berat keuangan tim. Dalam situasi itu, Borussia Dortmund cukup beruntung karena para pemainnya bersedia untuk dipotong gajinya agar meringankan beban finansial klub.

“Ini adalah pertanda solidaritas tak ternilai,” kata CEO Hans-Joachim Watzke seperti dilaporkan ESPN dalam lamannya, Rabu.

Sepak bola Jerman menjerit akibat dampak finansial dari krisis virus korona di mana CEO Liga Jerman Christian Seifert menyatakan pekan lalu bahwa 56.000 lapangan kerja dalam bisnis sepak bola dipertaruhkan menyusul penghentian sementara liga.

Seifert menambahkan bahwa sekitar separuh dari 36 klub divisi dua Jerman terancam mati dan kerugian total jika kompetisi musim ini dibatalkan adalah 750 juta euro untuk seluruh klub.

Pekan lalu, Borussia Monchengladbach mengumumkan bahwa pemain-pemainnya membolehkan gajinya dikurangi dan Selasa, Dortmund menyatakan para pemain, staf pelatih dan pimpinan klub akan mengikutinya.

“Borussia Dortmund akan menghemat total puluhan juta yang akan membantu melindungi BVB sebagai salah satu perusahaan terbesar di Dortmund dari krisis virus korona,” kata klub itu dalam satu pernyataan.

Watzke menyebut tindakan ini sebagai satu “tanda solidaritas tak ternilai kepada masyarakat dan kepada 850 karyawan kita.”

Sementara itu para penggemar Dortmund terus merawat komunitas lokalnya. Tiga kelompok penggemar fanatiknya menawarkan jasa kepada kelompok-kelompok berisiko atau mereka yang dikarantina di kota tersebut. (jpg)