25 radar bogor

Waspada Corona, Warga Pendatang Harus Dibekali Surat Sehat

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Petugas di tingkat kelurahan ikut aktif dalam upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19. Warga Kelurahan Pabuaran pun mendapatkan pemantauan dan pengawasan.

Lurah Pabuaran, Suradi Supriyadi mengakui langkah itu harus diambil. Lantaran Covid-19 bukan penyakit biasa.

Penyebarannya sudah mencapai tingkat global. Untuk itu, mereka terus meningkatkan kewaspadaan di wilayah dengan berkoordinasi hingga tingkat RW dan RT.

“Apabila ada warga pengontrak dan sudah melakukan perjalanan dari luar negeri, harus ada surat keterangan (sehat) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan bandara,” bebernya kepada Radar Bogor, Selasa (17/3/2020).

Upaya itu memang langkah pencegahan preventif. Biasanya, lingkungan kelurahannya juga sejak awal rutin memberikan edukasi kepada warga untuk pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kewaspadaan terhadap penyakit itu juga tak bisa dikesampingkan dengan ancaman Covid-19. Apalagi, terbukti sudah ada 11 warganya yang sempat terjangkit DBD di RW 11. Beruntung, kondisi warganya telah pulih.

Oleh karena itu, Suradi terus mengimbau masyarakatnya agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Diantaranya dengan melakukan kerja bakti, membersihkan drainase, got, dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Kegiatan ini juga bertujuan dalam tercapainya masyarakat sehat yang merupakan bagian dari implementasi dari program Pancakarsa yang telah dicanangkan Bupati Bogor, khusus Bogor sehat,” pungkasnya. (mam/c)