25 radar bogor

Giliran Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 3,7, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Gempa Megathrust Mentawai
Ilustrasi Gempa

CIANJUR-RADAR BOGOR, Setelah Sukabumi, gempa kali ini mengguncang kawasan Cianjur, Rabu (11/3/2020) malam sekitar pukul 21:41 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3,7.

Gempa Sukabumi! Ratusan Rumah di Bogor Rusak, Puluhan Warga Mengungsi

Episenter terletak pada koordinat 6.72 LS dan 107.31 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 22 km Timur Laut kabupaten Cianjur pada kedalaman 2 kilometer.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam keterangan resminya menyatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cikalong Wetan-Kab Bandung Barat dengan Skala Intensitas I – II MMI, di Plered-Purwakarta dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 22.20 WIB, hasil monitoring BMKG terdapat satu aftershock pada pukul 21.51 dengan kekuatan Magnitudo 2.3, episenter terletak pada koordinat 6.8 LS dan 107.37 BT.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya. (ysp)