Beranda Politik

Loyalis Amien Rais Ingin Bentuk PAN Reformasi, Ini Alasannya

JAKARTA-RADAR BOGOR, Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Asri Anas mengatakan, muncul usulan supaya gerbong Amien Rais membentuk partai baru. Partai baru tersebut akan diberi nama PAN Reformasi.

Asri Anas menjelaskan alasan munculnya wacana pembentukan PAN Reformasi. Salah satu alasannya yaitu karena Zulkifli Hasan tak lagi menganggap Amien Rais selaku pendiri PAN.

Dalam kepengurusan PAN yang bar, misalnya, Amien Rais tidak dilibatkan. “Pak Amien daripada diperlakukan tidak benar oleh Zulkifli Hasan dan sebagai petinggi tidak dihormati, tidak diajak bicara sama sekali, nah teman-teman mendorong agar dibentuk partai PAN Reformasi,” ujar Asri kepada JawaPos.com, Rabu (11/3).

Asri mengatakan sejauh ini sudah ada sejumlah DPD mendukung wacana pendirian PAN Reformasi. Dia mengklaim, ada 3.000 kader yang setuju dengan usulan itu.

‎”Pak Amien tidak dihormati dan itu sangat tidak etis. Pak Zul ini sudah banyak menikmati dari partai ini. Pak Amien berdarah-darah membangun partai ini,” katanya.

Asri kecewa, Zulkifli Hasan tak menempatkan Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan dalam kepengurusan PAN yang baru. Malah, Zulkifli Hasan menunjuk Soetrisno Bachir. Menurut Asri, keputusan Zulkifli Hasan inilah yang membuat gerbong Amien Rais kecewa.

Di sisi lain, dia melihat di bawah komando Zulkifli Hasan, PAN sudah melenceng jauh dari cita-cita pada awal partai ini didirikan. Sementara itu, Amien Rais sendiri menyambut positif wacana pendirian PAN Reformasi.

Akan tetapi, lanjutnya, yang terpenting saat ini adalah menyelesaikan gugatan atas kemenangan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN periode 2020-2025. “Jadi, memasukkan gugatan ke pengadilan tentang kongres yang benar-benar mencederai demokrasi dan merusak tatatan PAN,” pungkasnya.(JPC)

Baca Juga