25 radar bogor

Dua Pasien dari 27 Kasus Virus Corona di Indonesia Dinyatakan Sembuh

Sulianti
Staf Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso (Indopos)
Sulianti
Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso. (Indopos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Dua dari 27 kasus positif virus corona jenis baru di Indonesia dinyatakan sembuh. Mereka adalah pasien 6 (laki-laki, 36 tahun) dan 14 (laki-laki, 50 tahun).

Pasien Penderita Corona di Indonesia Meninggal Dunia, WNA 53 Tahun

Hasil pemeriksaan spesimen mereka setelah 2 kali pemeriksaan pasca perawatan dinyatakan negatif.

Pemerintah dan pihak rumah sakit tengah siap mengurus kepulangan mereka untuk kembali bersama keluarganya. Pasien 6 (laki-laki, 36 tahun) merupakan WNI ABK dari kluster Jepang kapal Diamond Princess. Sedangkan, pasien 14 (laki-laki, 50 tahun) adalah WNI yang baru pulang dari luar negeri.

Juru Bicara Pemerintah Untuk COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan, sesuai prosedur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika pasien sudah dirawat selama 5 hari maka dicek lagi spesimennya untuk dilihat perkembangannya. Dan keduanya menunjukkan hasil negatif virus Corona jenis baru.

“Pertama bahwa pasien 6 dan 14 ini sudah diperiksa negatif. Artinya kami lagi edukasi mereka untuk persiapan pulang dengan melaksanakan self isolated,” kata Yurianto kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Artinya meski mereka sudah pulang namun keduanya tetap harus memakai masker, menjaga kebersihan, menghindari temu dengan masyarakat, dan membatasi jarak dengan keluarga. Meski sudah negatif, tetap harus membatasi diri selama dua pekan.

“Ini bukan sesuatu yang mudah meskipun sudah negatif masih diharapkan hati-hati. Kondisinya baik dan sebentar lagi akan koordinasi agar bisa dikembalikan, dipulangkan,” kata Yurianto.

Self isolated dimaksudkan agar pasien yang sembuh harus menggunakan masker, tidak menggunakan alat makan minum bersama keluarga, dan kurangi aktivitas di luar rumah.

Sementara itu, selain 2 pasien yang sudah dinyatakan sembuh, sebanyak 20 Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang dirawat di RS juga sudah dipulangkan.

“20 pasien PDP tak mengalami keluhan dan negatif juga sudah dipulangkan,” kata Yurianto. (jpg)