Beranda Pendidikan

Bantu Lulusannya Temukan Passion dalam Bekerja, IPB University Gelar Kelas Karir

BOGOR-RADAR BOGOR,Menurut Badan Pusat Statistik ( BPS ) melansir data terbaru, jumlah pengangguran per February 2019 menurun, namun angka pengangguran dari pendidikan tinggi malah makin meningkat. Oleh karena itu, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Ditmawa PK) IPB University kembali mengadakan Kelas Karir di Kampus IPB Dramaga, Bogor (6/2). Kelas karir bertujuan untuk membekali para mahasiswa tingkat akhir atau lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau karir impian.

Kegiatan yang bertemakan Upgrading Self Value ini bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang ditemui para pencari kerja. Misalnya cara membuat curriculum vitae (CV), cara interview dan yang terpenting mengenali passion diri sendiri. “Mengapa kita membutuhkan passion untuk bekerja. Karena sebagian waktu kita habis untuk bekerja. Waktu yang dihabiskan di tempat kerja akan memiliki nilai kepuasan, loyalitas dan produktivitas yang maksimal jika kita bekerja di tempat kerja yang sesuai dengan passion dan potensi kita,” ujar Nur Fajri Rahmawati, SP, trainer persiapan karir dari DitmawaPK.

Menurutnya peluang kerja akan lebih besar ketika sudah memiliki kemampuan, keahlian dan persiapan. Tidak grogi saat wawancara dan mengetahui passion dari awal adalah faktor penting. Tapi tidak semua orang mengetahui passion-nya. Selain itu memiliki skill dan keahlian di luar ilmu yang didapat saat kuliah juga sangat penting untuk adaptasi dalam berkarir. Dalam Kelas Karir, peserta diperkenalkan dengan online asssesment untuk mengetahui minat karir dari masing-masing peserta.

Sementara itu Kepala Sub Direktorat Pengembangan Karir, DitmawaPK, Handian Purwawangsa S.Hut, MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat disayangkan bila mahasiswa yang mempunyai kemampuan yang bagus namun tidak mempunyai skill komunikasi atau promosi yang bagus. “Saat ini dibutuhkan mahasiswa yang memiliki skill yang mantap. Perlu ada persiapan yang matang untuk melewati semua proses pencarian kerja termasuk saat melamar pekerjaan,” terangnya. (ipb)

Baca Juga