25 radar bogor

Pelopori Usaha Perikanan, Himakua IPB University Bangun Saung Ikan di Desa Binaan

BOGOR-RADAR BOGOR,Divisi Sosial dan Lingkungan Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), IPB University menggelar kegiatan Akuakultur Bina Desa (Akuabindes) di Desa Sukadamai, Dramaga, Bogor (15/2). Kegiatan ini bertujuan mewadahi Kelompok Remaja Tani (KARET) agar dapat mengembangkan usaha budidaya ikan hias dan kultur pakan alami secara mandiri.

“Kegiatan Akuabindes tahun ini diawali dengan membangun saung. Saung tersebut akan difungsikan sebagai tempat edukasi dan pelatihan terpusat sekaligus hatchery untuk kelompok remaja tani. Hatchery tersebut diharapkan dapat melakukan kegiatan produksi ikan hias mulai dari pemijahan, pembenihan hingga menghasilkan ikan hias yang berkualitas. Selain budidaya ikan hias, saung ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan kultur pakan alami untuk ikan hias,” ujar Ketua Himakua, Muhammad Warid Akbar.

Dikatakannya Warid Akbar, pada kesempatan ini, Himakua IPB University memasok perlengkapan instalasi listrik guna kelancaran pembangunan saung. Hingga saat ini proses perampungan saung sudah mencapai 70 persen. Menurut Nadi, salah satu pembudidaya aktif di Desa Sukadamai, pembangunan saung ini sangat bermanfaat bagi kelompok remaja tani sebagai tempat edukasi dan pelatihan terpusat dengan fasilitas yang memadai. (**/Zul)