25 radar bogor

Kembali Bertambah, 19 Pasien di Indonesia Positif Virus Korona

Virus-Corona
Pasien terinfeksi virus corona.
Virus-Corona
Pasien terinfeksi virus corona.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Jumlah pasien virus korona jenis baru atau COVID-19 di Indonesia naik drastis dalam kurun waktu sehari. Hari ini, Senin (9/3), ada 13 pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Sehingga, total pasien yang positif virus korona di Indonesia jadi 19 orang.

“Sehingga hari ini kasus yang terkonfirmasi positif 19 orang. Ini yang kami rilis kasus 1 sampai 6 kemarin, hari ini saya sampaikan kasus 7 sampai 19,” kata Juru Bicara COVID-19 Untuk Pemerintah Achmad Yurianto, Senin (19/3).

Yurianto menegaskan masyarakat diminta untuk tenang, karena penyakit ini tidak seperti di Wuhan, Tiongkok. Tidak ada pasien yang menggunakan oksigen dan infus.

“Gejala klinis yang kami dapatkan pada mereka yang tanpa penyuakit kronis mendahului, tidak demam, tidak batuk, artinya secara keseluruhan tampak sebagai pasien ringan, tidak sakit berat,” paparnya.

Namun, ada beberapa pasien yang dipasang infus dan oksigen karena memang ada penyakit kronis yang mendahului. Berdasarkan hasil lab siang tadi, kata dia, hasil itu merupakan pemeriksaan beberapa hari lalu yang menggunakan PCR yang kemudian dikonfirmasi dengan Genome Squenzing. “Maka hari ini ada beberapa lagi kasus positif yang kami dapatkan,” katanya.

Sementara itu pasien 1 dan 2 masih dinyatakan positif virus Korona meski sudah dirawat selama 7 hari. Virus tersebut masih belum hilang dari tubuh pasien meski sudah dirawat selama sepekan.(JPC)