25 radar bogor

FDC IPB University Ajari Mahasiswa Cara Mengunakan Drone Air

BOGOR-RADAR BOGOR,Fisheries Diving Club (FDC) IPB University bekerjasama dengan Marine Science and Technology Diving School (MSTDS) mengadakan pelatihan drone bawah air yang dilaksanakan pada 15/2 di Villa Duta Sport Center, Bogor. Pelatihan ini bersifat umum dan peserta tidak dipungut biaya apapun.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini diantaranya Silki Anisa Hidayat (FDC-IPB), Pandu Askaria (FDC-IPB), Afif Pinandito (FDC-IPB), Fauzan Cholifatullah (MCC Universitas Nasional), Nur Hasanah (MCC Universitas Nasional), dan Prawesti Wulandari (Centre for Sustainable Energy and Resources Management Universitas Nasional).

Pelatihan ini diawali dengan pengenalan underwater drone kepada peserta. “Underwater drone ini merupakan salah satu inovasi yang menarik sekaligus teknologi yang dapat memudahkan kita, terutama untuk eksplorasi bawah air,” ucap Beginer Subhan selaku pelatih.

Pada kesempatan ini, ia memperkenalkan drone secara detail, mulai dari komponen beserta fungsinya, kegunaan setting, perawatan, standar operasional prosedur (SOP) hingga cara mengendalikannya. Drone bawah air ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya Navatics MITO Drone, Waterproof Communication Buoy, Baterai, Wireless Remote Controller, pengisi daya baterai dan kabel.

Cara mengoperasikan drone bawah air ini adalah dengan menggunakan aplikasi Navatics yang dapat diunduh di Google Playstore. Setelah itu, user perlu melakukan login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya. Sebelumnya, drone harus sudah dihubungkan dengan kabel yang berasal dari Waterproof Communication Buoy. Sistem kerja buoy ini sama seperti antena yang nantinya akan menerima sinyal dari Wireless Remote Controller. Jika sudah terhubung, drone pilot dapat mengendalikan drone tersebut dari atas permukaan air, sekaligus dapat melihat kondisi bawah air yang muncul di layar smartphone.

Setelah pelatihan yang diberikan, peserta dapat mencoba mengendalikan drone bawah air tersebut secara bergantian. “Penggunaan drone bawah air ini cukup mudah, seperti mengendalikan mobil remote control,” ucap Silki, salah satu peserta. (ipb0)