25 radar bogor

Cegah Penyebaran Corona, Mal di Kota Bogor Siapkan Ruang Isolasi

Ruang Isolasi di Mall Ekalokasari
Ruang Isolasi di Mall Ekalokasari

BOGOR – RADAR BOGOR,Pusat perbelanjaan, seperti Lippo Plaza Ekalokasari juga menyiapkan ruang isolasi untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19

Mereka yang terdeteksi memiliki gejala Covid-19 akan segera diungsikan ke dalam ruangan di pojok Gound Floor itu

Ruangan seluas 2×2 meter persegi itu dibuat steril sesuai standar kesehatan. Terdapat ranjang pasien sebagaimana dalam ruang-ruang perawatan rumah sakit. Kotak obat-obatan yang disediakan juga tampak begitu lengkap. Sementara perlengkapan preventif dasar, seperti hand sanitizer dan masker juga tersedia.

Tenant Relation, Ruth Dyan Novitasari menjelaskan, upaya itu sebagai langkah preventif terhadap penyebaran wabah Corona. Pencegahan itu diiringi dengan sterilisasi semua bagian mal. Mulai dari lift, tangga eskalator, hingga sarana tenant. Bahkan, para pengunjung yang akan memasuki pintu masuk akan langsung disambut security dengan pendeteksi suhu.

“Ruang isolasi itu sebenarnya sudah kita siapkan sebelum kabar di Depok itu merebak. Sejak Virus Corona sudah mulai menyebar di dunia, kami diminta untuk menyiapkan satu ruangan sebagai isolasi bagi pengunjung, sebelum diantarkan ke RS Siloam,” ungkapnya.

Dyan melanjutkan, pengunjung baru akan dibawa ke ruang isolasi jika terdeteksi menyerupai gejala suspect Covid-19. Ada formulir yang mesti diisi pengunjung bergejala demam. Formulir itu berasal dari rekomendasi RS Siloam sebagai rujukan pengunjung dari ruang isolasi. Isinya menunjukkan riwayat perjalanan atau indikator lainnya yang mengarah kepada dugaan suspect Corona.

“Jadi, nanti pengunjung yang diminta menunggu di ruang isolasi juga dijaga sama petugas kami. Sambil menunggu petugas lainnya yang berhubungan langsung dengan pihak rumah sakit dan memastikan apakah pengunjung mau diantarkan ke rumah sakit,” terangnya lagi.

Ia mengakui, upaya preventif dan campaign masalah Covid-19 juga sudah lama digalakkan manajemennya. Semua karyawan hingga pemilik tenant mendapat pelatihan langsung dari tim kesehatan RS Siloam. Mereka juga mesti tetap menjaga kenyamanan pengunjung selama mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut.

Pencegahan yang sama juga diberlakukan di dua mal naungan manajemen grup yang sama. Yakni Lippo Plaza Keboen Raya dan Bellanova Country Mall. Total tiga mal itu yang menerapkan tindakan preventif secara maksimal untuk mencegah para pengunjungnya terjangkit wabah darurat global itu. Masing-masing mal juga dibekali dengan ruang isolasi yang sama.

Salah satu pengunjung, Dery mengapresiasi langkah sigap mal besar itu. Menurutnya, pencegahan itu memang lebih baik dilakukan sebelum wabah meluas. “Pencegahan lebih baik sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Lippo Plaza sangat care terhadap kesehatan dan kelangsungan hidup bersama,” pungkasnya. (mam/cr4/c)

==========
FOTO: IMAM RAHMANTO/ RADAR BOGOR