25 radar bogor

Melalui Forum Ciliwung, Mahasiswa IPB University Berkiprah Selamatkan Lingkungan

BOGOR-RADAR BOGOR,Permasalahan yang dihadapi saat ini di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Ciliwung Kedung Badak yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal pemilahan sampah dan pengelolaannya, teknik penanaman pohon yang benar, pemilihan jenis pohon yang sesuai dengan kondisi tanahnya, pemanfaatan dan pemeliharaan sungai yang diduga semakin hari semakin melebar dan dangkal sehingga dapat menyebabkan terjadinya banjir ketika hujan deras.

Hal ini disampaikan oleh Fadzilaah, Kepala Divisi ENSO Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University dalam kegiatan Forum Ciliwung “Bergerak Bersama untuk Ciliwung yang Lestari” di Kampus IPB Dramaga, Bogor (15/2). Dalam paparannya, Fadzillah mengatakan informasi tersebut ia dapatkan dari hasil komunikasi dengan tokoh masyarakat dan anggota Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Menurutnya saat ini masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari mahasiswa untuk bisa berperan aktif dalam menuntaskan permasalahan yang terjadi di lingkungan tersebut.

“Ide-ide yang muncul dari kegiatan ini akan dijadikan program kerja yang dapat dikolaborasikan secara lintas disiplin ilmu diantaranya pengkajian kualitas air sungai yang nantinya dapat dijadikan panduan oleh masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan air sungai, pencerdasan terhadap semua lapisan usia masyarakat mengenai pemilahan dan pengolahan sampah, pengkajian mengenai pemilihan dan penamanan pohon sesuai dengan kondisi lingkungannya, melakukan naturalisasi sungai Ciliwung sebagaimana fungsi alamiahnya. Harapannya masukan dan ide-ide yang diberikan oleh masing-masing Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang hadir pada acara ini dapat terealisasikan di DAS Ciliwung, Kedung Badak agar menjadikan Sungai Ciliwung berseri dan lestari,” ujarnya.

Forum Ciliwung merupakan kegiatan yang inisisasi oleh Himasper FPIK IPB University untuk menuntaskan permasalahan yang berada di sekitar lingkungan DAS Ciliwung, Kedung Badak Kota Bogor. Sebelumnya sudah pernah dilakukan kegiatan sebagai bentuk sumbangsih mahasiswa kepada lingkungan dan alam yaitu pada acara “Ciliwung Care Day 2019”.

“Forum Ciliwung diadakan kembali guna mengumpulkan ide-ide dari setiap Ormawa sesuai dengan disiplin ilmunya. Forum Ciliwung kali ini dihadiri oleh 12 Ormawa dan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan,” imbuhnya. **/Zul)