25 radar bogor

Jalan Raya Cidokom Longsor, Lalu Lintas Diberlakukan Satu Jalur

Jalan-Cidokom
Petugas kepolisian setempat saat mengecek lokasi jalan longsor di Kampung Parung Badak.
Jalan-Cidokom
Petugas kepolisian setempat saat mengecek lokasi jalan longsor di Kampung Parung Badak.

RUMPIN-RADAR BOGOR, Jalan Raya Cidokom di Kampung Parung Badak RT 001/003, Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, longsor. Akses penghubung Kecamatan Cibungbulang dengan Kecamatan Ciampea itu sejak Kamis (5/3/2020) terpaksa harus diberlakukan satu jalur.

Kepala Desa Cidokom, Tatang mengatakan, sebenarnya pihak pemerintah desa (Pemdes) sudah mengajukan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) 2016 lalu. Juga untuk perbaikan badan jalan, belum terealisasi.

“Memang Jalan Raya Cidokom sering longsor, makanya harus dibangun TPT yang berundak supaya tidak longsor lagi. Karena akses tersebut melintas ke wilayah Ciampea dan Cibungbulang sebagai alternatif,” ucapnya.

Menurut Tatang, dengan longsor kali ini, pihaknya akan kembali mengajukan untuk perbaikan dan pembangunan TPT. Saat ini, ia mengimbau warga agar lebih berhati-hati untuk melintasi jalan tersebut. Pihaknya juga sudah membatasi laju kendaraan.

“Tidak kami tutup, hanya dibatasi kendaraan yang melintas, terutama mobil pribadi dan juga truk, untuk tidak melintasi jalan tersebut. Kami arahkan ke jalur Leuwiliang,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Camat Rumpin Rusliandy menjelaskan, pihaknya tentu akan mengupayakan perbaikan Jalan Raya Cidokom untuk segera diperbaiki secara bertahap.

Saat ini, lanjutnya, jalan yang amblas diberikan pembatas dan spanduk, supaya kendaraan yang lewat bisa lebih hati-hati. “Untuk truk tidak boleh melintas dulu, sebelum jalan diperbaiki, khawatir longsor kembali,” tutupnya. (nal/c)