25 radar bogor

Khawatir Terpapar Virus Corona, RS EMC Sentul Rujuk Pasien WNA ke RSPI Jakarta

RS EMC Sentul, Bogor. Istimewa
RS EMC Sentul, Bogor. Istimewa

BOGOR-RADAR BOGOR, Rumah Sakit (RS) EMC Sentul, Kabupaten Bogor membenarkan ada satu unit ambulance yang mengantarkan pasien ke RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Selasa (3/3) pagi.

Ambulance tersebut mengantar seorang Warga Negara Asing (WNA) untuk melakukan pengecekan kesehatan karena khawatir terpapar Virus COVID-19.

Direktur RS EMC Sentul, G.A Kusmiati mengatakan, pasien tersebut sengaja dirujuk ke RSPI. Pasien tersebut dirujuk atas alasan antisipasi virus corona. Dimana sang pasien tereebut mengeluh demam tinggi dan sehabis berkunjung ke negara di Asia Tenggara yang ramai kasus virus corona.

Periksa Kesiapan RS Hadapi Corona, Bima Arya Gunakan Alat Pelindung Diri

“Rujukan tersebut memang dianjurkan langsung tim medis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat hotlinenya. Sudah ada konfirmasi. Pasiennya satu orang,” kata Kusmiati pada Radar Bogor saat dikonfirmasi.

Hanya saja, pihak rumah sakit tak membeberkan data terkait pasien WNA tersebut. Baik nama, jenis kelamin, maupun domisili pasien tersebut. “Tidak bisa diinfokan identitasnya, karena confidencial-nya rekam medis pasien tersebut. Tapi yang pasti bukan WNI,” sahutnya.

Di RS EMC sendiri, Kusmiati mengaku belum adanya alat untuk screening COVID-19. Makanya harus dirujuk ke RSPI. “Makanya itu banyak yang simpang siur, padahal pasien tersebut hanya sedang melakukan pemeriksaan karena yang bersangkuran habis jalan – jalan ke negara tersebut,” tukasnya.(dka)