25 radar bogor

Tingkatkan Performa Pengelola Jurnal, DPIS IPB University Gelar Workshop Open Journal System

BOGOR-RADAR BOGOR,Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University telah menyelenggarakan Workshop Open Journal System (OJS) untuk pengelolaan jurnal-jurnal ilmiah di IPB University. Workshop ini membahas terkait permasalahan teknis setelah migrasi OJS versi 2 ke versi 3 untuk pengelolaan jurnal di lingkungan IPB University. Acara ini dihadiri 53 orang pengelola jurnal dan digelar di Ruang Sidang Senat Akademik Gedung Rektorat Lt. 6 Kampus IPB Dramaga, Bogor (31/1). Hadir sebagai narasumber, Lina Herlina Tresnawati, SKom dan Pangudi Citraning Putra, SKomp, MKomp.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas pengelola Jurnal di Lingkungan IPB University. Pada tanggal 10 Januari 2020, telah dilakukan migrasi OJS versi 2 ke versi 3 oleh tim Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD). Walaupun proses migrasi telah selesai dilakukan, namun masih ada beberapa permasalahan teknis yang dihadapi oleh pengelola jurnal,” ujar Direktur DPIS, Dr Eva Anggraini.

Menurut Dr Eva, pengelola jurnal adalah salah satu komponen yang ikut berperan dalam publikasi ilmiah. Dengan adanya permasalahan teknis yang dihadapi pengelola jurnal ini, maka DPIS yang berkaitan erat dengan peningkatan jumlah publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa IPB University melakukan Workshop OJS ini.

“Rangkuman permasalahan yang kita himpun dari masing-masing pengelola jurnal diantaranya adalah masalah teknis. Masing-masing pengelola jurnal kami minta untuk membuat daftar permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan jurnal. Ke depan, DPIS akan mengatur jadwal helpdesk dan pelatihan untuk seluruh pengelolaan jurnal di lingkungan IPB University agar permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dan memperlancar pengelolaan jurnal di lingkungan IPB University. (**/Zul)